Scroll untuk baca artikel
Hiburan

Tohir Kulikulo Sang Pelukis Batu Sungai Ciliwung

6163
×

Tohir Kulikulo Sang Pelukis Batu Sungai Ciliwung

Sebarkan artikel ini
pelukis
Batu lukisan hasil karya Tohir Kulikulo. (Foto : Dok. Yaso)

BOGOR, Kobra Post Online – Pandemi Covid 19 tidak menyurutkan Tohir kulikulo salah satu pelukis Kota Bogor untuk berkarya. Bahkan, dalam kondisi ini dia manfaatkan untuk berkreasi menciptakan lukisan pada medium batu kali.

Setiap hari pria tiga anak ini memilih batu yang diambilnya dari sungai Ciliwung di Sukasari, Kecamatan Bogor Timur. Hasrat berkarya pelukis yang sudah malang melintang sejak puluhan tahun itu ditumpahkannya yang bernilai ekonomis.

Karya lukis batu yang ia ciptakan mulai dilirik penghobi seni lukis walaupun baru sebatas di wilayah Bogor dan sekitarnya. Kisaran harga untuk lukisan batu ini, ia bandrol senilai Rp50-100 ribu.

“Harganya tergantung ukuran batu, dan saya pasarkan melalui media sosial facebook. Alhamdulillah, pemesannya lumayan banyak, terutama dari Bogor, bahkan dari Jakarta. Saya sudah melukis batu sekitar 300-an berukuran kecil dan besar,” kata Tohir kepada Kobra  Post Online yang dijumpai di kediamannya, Sukasari 1 RT 01 RW 02, Jalan Siliwangi Kelurahan Sukasari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor, Selasa (10/5).

Ketika Kobra Post Online menyambangi rumahnya yang berada di tebingan Sungai Ciliwung, Tohir sedang asik melukis wajah Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim dan pahlawan Pangeran Diponegoro. Objek lukisan yang ditorehkan di atas batu-batu yang diambilnya dari sungai Ciiliwung, mayoritas lukisan wajah seorang tokoh seperti pahlawan dan pejabat, juga pemandangan alam.

Namun pelukis berusia 47 tahun ini tak menampik objek lukisan lainnya sesuai pesanan. “Kalau soal  bentuk lukisan tergantung dari pesanan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *