Disdukcapil Kota Bogor Luncurkan Aplikasi E-Menanduk

Disdukcapil Kota Bogor Luncurkan Aplikasi E-Menanduk
Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor di Jalan Pandu Raya No. 45 A, Tegal Gundil, Bogor Utara, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16132

BOGOR, Kobrapostonline.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor meluncurkan aplikasi E-Menanduk untuk memudahkan masyarakat mendaftarkan permohonan pembuatan KTP-el.

Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Mugi Lastono menjelaskan, aplikasi E-Menanduk berfungsi untuk mendaftarkan masyarakat Kota Bogor memperoleh Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) secara online.

“Program ini telah disosialisasikan kepada perwakilan Kecamatan maupun kelurahan. Ada 52 peserta dari Kecamatan dan kelurahan yang telah mengikuti sosialisasi E-Menanduk,” jelasnya.

Disdukcapil Kota Bogor Luncurkan Aplikasi E-Menanduk
Aplikasi E-Menanduk Disdukcapil Kota Bogor

Mugi mengatakan, bahwa fungsi utama aplikasi E-Menanduk sementara masih dalam lingkup pendaftaran pengajuan KTP-el.

“Kedepan nanti kami bisa mengembangkan untuk pelayanan dokumen kependudukan lainnya. Seperti permohonan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan KIA (Kartu Identitas Anak),” lanjutnya.

Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Anda tinggal membuka browser di ponsel anda lalu ketik http://e-menanduk.kotabogor.go.id kemudian langkah pertama adalah klik mendaftar dan bukan log in. Karena sistem ini baru maka asumsinya adalah seluruh warga Kota Bogor belum terdaftar disitu. Setelah selesai mendaftar baru bisa log in kemudian kita bisa mendaftar dengan menu yang telah tersedia di aplikasi tersebut.

Selain itu Mugi juga berharap bahwa dengan adanya aplikasi ini bisa mengurai antrian yang selama ini selalu membludak di Disdukcapil Kota Bogor. Sistem ini mampu menerima pendaftaran cetak KTP-el selama 24 jam dan tanpa batas limit pendaftar.

“Kami yakin melalui sistem ini persoalan lambatnya cetak KTP-el di Kota Bogor akan semakin minim. Diharapkan melalui sistem ini cetak KTP-el akan lebih maksimal dan pendistribusiannya akan kami coba per 500 keping setiap harinya,” ujarnya optimis.

Baca juga : Ini Penjelasan Kadisdukcapil Kota Bogor Terkait Aplikasi E-Menanduk Tak Dapat di Akses

Sehingga masyarakat yang telah mendaftar secara online tinggal datang ke loket Disdukcapil. Sambil memperlihatkan sms notifikasi berisi pemberitahuan bahwa KTP-el nya sudah tercetak.

Reporter : Rangga A.

IDM Crack

Crack IDM

IDM Crack 6.41

olux

سرور مجازی

سرور اختصاصی

دانلود کرک نرم افزار

اخبار تکنولوژی

اخبار تکنولوژی , It