Scroll untuk baca artikel
Sorot Desa

Cigudeg Terapkan ELSIMIL, Siap Nikah dan Hamil

2249
×

Cigudeg Terapkan ELSIMIL, Siap Nikah dan Hamil

Sebarkan artikel ini
aplikasi elsimil

BOGOR, Kobra Post Online – ELSIMIL merupakan singkatan dari Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil. Aplikasi ini diluncurkan BKKBN, berguna untuk mendeteksi lebih awal terhadap potensi bayi yang akan dilahirkan dengan melihat kodisi calon pasangan pengantin.

Koordinator Lapangan Keluarga Berencana Cigudeg Suharti mengatakan, ELSIMIL adalah aplikasi skrining, pendampingan, dan pencegahan stunting bagi calon pengantin yang diterapkan secara nasional.

“ELSIMIL sudah diterapkan di Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor,” kata Suharti Kepada Kobra Post Online, Rabu (1/6).

Aplikasi ini, lanjutnya, sebagai langkah keterbukaan informasi kepada publik untuk mempercepat penurunan angka stunting yang disebabkan oleh kekurangan gizi.

elsimil
Sosialisasi Aplikasi Elsimil di Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor.

Ia menjelaskan, program aplikasi ini dirancang khusus, menyasar calon pengantin, ibu hamil dan yang sudah melahirkan. Yakni sebagai alat pemantau kesehatan dan edukasi seputar kesiapan nikah dan program hamil.

“Kami sudah melaksanakan orientasi untuk merealisasikan ELSIMIL dengan pesertanya Tim Pembimbing Keluarga (TPK). Meliputi bidan, kader KB dan kader PKK dari 3 desa di Kecamatan Cigudeg  yaitu Desa Wargajaya, Desa Cigudeg dan Desa Sukarasa,” jelasnya.

Suharti menuturkan, melalui aplikasi ini calon pengantin (catin) apabila sudah mendekati hari H ijab kabul pernikahan, tiga bulan sebelumnya harus melakukan pemeriksaan.

“Sistem kerjanya ELSIMIL mencatat seluruh informasi yang diperoleh dari seluruh pemeriksaan kesehatan yang dilakukan ibu dan calon ibu sebelum hamil. Nantinya data tersebut akan tercatat  dalam aplikasi,” ungkapnya.

Baca juga : Pemdes Kembali Manjakan Warga Pasca Lebaran 2022

Ahmad Rifai, salah satu bagian yang mengurus Aplikasi itu menambahkan, setelah diberikan pemahaman tata cara menggunakan aplikasi para pendamping dan calon pengantin diharapkan  bisa memahaminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *