Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Polresta Bogor Kota Cek Keberadaan Perusahaan Pengurus Pekerja Migran

1346
×

Polresta Bogor Kota Cek Keberadaan Perusahaan Pengurus Pekerja Migran

Sebarkan artikel ini
bogor kota.
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Bismo Teguh dan jajaran mengecek perusahaan yang mengurus pekerja migran Indonesia (PMI).

BOGOR, Kobra Post Online – Kapolresta Bogor Kota, Kombes Bismo Teguh dan jajaran mengecek perusahaan yang mengurus pekerja migran Indonesia (PMI) yang hampir setahun sudah mati izinnya.

“Di antara sekian perizinan, kita dapati ada 1 perizinan dari Dinas PMPTSP dari provinsi yang belum diperpanjang. Izin ini habisnya sampai tanggal 9 April 2022,” kata Kombes Bismo, Rabu (7/6).

Dia mengatakan Polresta Bogor Kota melakukan serangkaian cek terhadap perizinan bersama Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bogor dan Kantor Imigrasi Kota Bogor.

Petugas gabungan yang datang juga mewawancara calon pekerja migran Indonesia dan pengurus perusahaan PT BMCM.

Baca juga: Dalam 2 Bulan Polresta Bogor Kota Tangkap 33 Tersangka Kasus Narkoba

Bismo mengatakan, pihaknya siap membantu calon PMI jika mendapati masalah. Polisi juga menggandeng Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dalam upaya melindungi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri.

“Kita sampaikan ke calon PMI di PT ini, misalnya butuh saran dan masukan, kami siap. Kami sudah berikan nomor handphone kami, nomor aduan misal dalam perjalanan atau perkembangan waktu ke depan ada keluhan, saran, masukan, kami siap membantu,” ucapnya.

Dia mengatakan, tindakan mengecek perusahaan ini sebagai tindak lanjut upaya melindungi PMI yang menjadi atensi Presiden Joko Widodo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kapolda Jawa Barat, Irjen Wiyagus.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kota Bogor, Elia Buntang, meminta PT BMCM untuk memperbarui izin.

“Mungkin salah satu konsekuensi terkait ini adalah pencabutan. Tadi saya sampaikan, saya sarankan agar segera mengajukan rekomendasi ke Dinas Tenaga Kerja Bogor untuk pengurusan perpanjangan dari izin tersebut,” kata Elia.

Baca juga: Anak Jalanan di Kumpulkan, Polresta Bogor Kota Sosialisasi Bahaya Narkoba

Dia meminta PT BMCM memenuhi perizinan yang berlaku. Saat ditanya apakah PT BMCM masih bisa beroperasi, dia mengatakan sanksi yang diberikan baru berupa sanksi administrasi.

“Sanksi administrasi. Tapi dari sekian perizinan, cuma 1 ini yang lagi proses perpanjangan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *