Pemkab Sukabumi Terapkan Protokol Sterilisasi di Wilayah Perbatasan

oleh -768 views
Pemkab Sukabumi
Kendaraan yang masuk ke Kabupaten Sukabumi disemprot cairan disinfektan

SUKABUMI, Kobrapostonline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi terapkan protokol sterilisasi di wilayah perbatasan dengan melakukan pengawasan dan pengendalian dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Senin (30/03/2020). Adapun wilayah perbatasannya yaitu Cianjur – Sukabumi dan Bogor – Sukabumi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H Iyos Somantri mengatakan langkah penting ini dilakukan untuk menjaga penyebaran virus corona melalui orang dan kendaraan yang masuk ke wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Terminal Benda Cicurug menjadi salah satu tempat antisipasi Covid-19 diperbatasan. Dimana tim gabungan Pemkab Sukabumi melakukan penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan dan orang. Serta melakukan pengukuran suhu tubuh,” katanya.

Tim Gabungan pencegahan masuknya virus corona di perbatasan ini dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten Sukabumi H Iyos Somantri didampingi Asda II, Kepala Satuan Pol PP, Sekretaris Dinas Perhubungan, BPBD, Camat Cicurug serta Damkar, Kepolisian dan Koramil.

“Ini ikhtiar kita untuk mencegah masuknya Covid-19 dari daerah terpapar (zona merah) ke daerah Kabupaten Sukabumi. Karena itu tim menyasar kendaraan dan pengunjung yang masuk,” jelas H Iyos.

Menurutnya, pencegahan di perbatasan ini sangat urgent, karena dikhawatirkan ada pengunjung atau warga yang pulang ke Sukabumi terpapar virus.

“Baik itu virus yang menempel di badan, barang bawaan ataupun di kendaraan yang digunakan. Oleh karena itu kita harus sterilkan dulu sebelum masuk ke Sukabumi,” tegasnya.

Baca juga : PD Pasar Tohaga Kabupaten Bogor Luncurkan Program Mitoha

Tindakan sterilisasi itu sendiri, lanjut Iyos, menggunakan protokol teknis standar kesehatan yang sudah ditentukan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“InsyaAllah kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu minggu kedepan. Karena dari data riil orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Sukabumi saat ini jumlahnya melonjak secara signifikan,” pungkasnya.

Reporter : Agus Rap

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *