Sarana dan Prasarana Rusak Akibat Hujan Deras

oleh -712 views
Hujan Deras
Hujan deras mengakibatkan banjir dan merendam rumah warga di Kp. Pondokaso Tengah Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi. (Foto : Dok. Chuba)

SUKABUMI, Kobra Post Online – Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi dan sekitarnya pada Senin (21/09) sore hingga larut malam mengakibatkan rusaknya berbagai sarana dan prasarana warga.

Seperti putusnya sarana jalan warga Kampung Tapos RT 03 RW 02 Desa Pondokaso Tengah Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi.

“Akibat derasnya hujan yang terjadi pada Senin (21/09) sore sekitar pukul 17.00 WIB hingga larut malam membuat debit air merusak dan memutus jalan penghubung dua desa ini,” ungkap Jeje (60) warga Kp. Tapos kepada Kobra Post Online. Selasa (22/09).

Jeje juga mengutarakan akibat hujan deras itu rumahnya terkena banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter. Sehingga ia harus mengungsi ke rumah tetangga.

“Semua perabotan rumah terendam air. Saya harap pemerintah segera memberikan bantuan kepada keluarga saya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Pondokaso Tengah, Agun menuturkan sangat prihatin atas terjadinya bencana tersebut.

“Saat ini pihak kami sedang mempersiapkan bantuan berupa pangan dan yang lainnya. Semoga ini dapat membantu dan kejadian ini tidak akan terjadi lagi,” harap Agun.

Bendungan Irigasi Jebol
Bendungan Irigasi Jebol.

Tak hanya itu, bencana juga terjadi di Kampung Cikalong RT 03 RW 01 Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi.

Aceng salah satu perwakilan kelompok tani Kp. Cikalong menginformasikan putusnya pipa PDAM dan jebolnya bendungan irigasi kepada Kobra Post Online.

Baca juga : Unik, Hari Asyura Kampung Cikalong, Pawai Obor Diiringi Drumband

Ia khawatir akan mengalami kejadian seperti dahulu, yakni terjadi kekeringan yang sangat lama akibat bendungan irigasi rusak.

“Kami harap Dinas Pertanian dan PDAM dapat segera meninjau ke lokasi dan memperbaiki semua sarana yang rusak,” ungkap Aceng.

Reporter          : Yusup Supandi (Chuba)

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *