Scroll untuk baca artikel
Ruang Cinta Pusaka

Mimpi Bodydharma Bangun Rumah Sketsa Indonesia di Kota Bogor 

2371
×

Mimpi Bodydharma Bangun Rumah Sketsa Indonesia di Kota Bogor 

Sebarkan artikel ini
Mimpi Bodydharma Bangun Rumah Sketsa Indonesia di Kota Bogor
Sketsa pasar-pasar di Kota Bogor karya Bodydharma. (Foto: Dok. Yaso).

Kobra Post Online – Bodydharma salah satu seniman sketsa terkenal di Indonesia sejak puluhan tahun silam kreatif merepresentasikan, memaparkan dan bereksplorasi melalui sketsa-sketsa hitam yang bertutur tentang berbagai peristiwa melalui coretan garis-garisnya yang indah, spontan bahkan tajam.

Bodydharma telah puluhan kali berpameran di dalam maupun luar negeri. Lelaki berusia 68 tahun asal Sumatera Barat itu hingga kini tetap eksis membuat sketsa hitam putih di mana pun ia berjalan dan singgah di sejumlah tempat di tanah air.

“Wajah Indonesia” telah digarapnya melalui rekaman berbagai peristiwa melalui sketsa-sketsa hasil kreativitas coretan garis-garis, setidaknya mengilhami sumber sejarah dalam ranah visual rupa.

“Saat ini saya sedang membuat sketsa pasar-pasar yang ada di Kota Bogor. Kita sudah menawarkan kerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah Pasar Pakuan Jaya (Perumda PPJ) Kota Bogor,” ujar Bodydharma yang ditemui Kobra Post Online, di rumah kontrakannya, Jalan Sholeh Iskandar Kota Bogor, Senin (3/7).

Bodydharma
Aktivitas Bodydharma di kediamannya tiada hari tanpa menggambar sketsa

Bodydarma berkeinginan membangun Rumah Sketsa Indonesia di Kota Bogor. Jadi, ada semacam galery Sketsa Indonesia.

“Selama berada di Bogor saya sudah bertemu dengan Pak Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim dan bertemu dengan pihak Museum Kepresidenan di Istana Bogor,” katanya yang mengaku diajak tinggal di Bogor oleh temannya yang juga berasal dari Sumatera Barat.

Ia menuturkan, ketika bertemu wakil wali kota keinginan dirinya membangun Rumah Sketsa Indonesia disambut baik. Begitu pula ketika berkunjung ke Museum Kepresidenan di Istana Bogor. Pihak Museum Kepresidenan juga menginginkan dibuatkan sketsa tentang perjalanan 6 presiden yang telah menjabat di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *