Scroll untuk baca artikel
Sorot Desa

Aplikasi e-PPGBM Mulai Disosialisasikan di Cigudeg

2168
×

Aplikasi e-PPGBM Mulai Disosialisasikan di Cigudeg

Sebarkan artikel ini
sosialisasi aplikasi e-ppgbm
Kegiatan sosialisasi e-PPGBM di Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor. (Foto: Dok. D.Alek)

BOGOR, Kobra Post Online – Pencatatan dan pelaporan kesehatan berbasis masyarakat di Posyandu dan Puskesmas kini semakin mudah. Karena telah tersedia aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM).

Aplikasi e-PPGBM ini mulai disosialisasikan di Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor kepada Kader Pembangunan Manusia (KPM) agar mereka dapat mengerti cara penggunaannya.

Kegiatan sosialisasi aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat yang berlangsung pada Rabu (6/9), sekaligus dalam upaya penguatan surveliansi gizi oleh KPM guna pencegahan dan percepatan penurunan stunting tahun 2022.

Camat Cigudeg, Pardi yang hadir dalam sosialisasi aplikasi e-PPGBM menuturkan, bahwa tenaga kader sangat dibutuhkan.

“Kader selain akan memberikan pemahaman kesehatan juga mereka akan menyisir rumah-rumah manakala ada warga yang tidak bisa datang ke Posyandu,” ucapnya.

Selain itu, sambung Pardi, peran media sangat penting dalam mensosialisasikan kesehatan masyarakat.

“Di era keterbukaan informasi sekarang ini masyarakat pun bisa menyampaikan informasi tentang kondisi kesehatan di tengah masyarakat melalui medsos (media sosial),” ungkapnya.

Baca juga: Kecamatan Cigudeg Dapat Bantuan 1,5 Ton Beras Untuk Gasibu

Sementara itu, TB Ahmad Rivai selaku pendamping desa Kecamatan Cigudeg menjelaskan, tugas dan peran KPM sesuai Peraturan Menteri Desa No.21 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Berikut tugas KPM:
  1. Pendataan (melakukan input aplikasi e-HDW).
  2. Perencanaan (melakukan rembuk stunting desa).
  3. Pelaksanaan (menjalankan kegiatan yang ditetapkan dalam APBDes sesuai hasil rembuk stunting desa, seperti kegiatan Rumah Desa Sehat (RDS), dan kegiatan lainnya yang terkait stunting).
  4. Pertanggungjawaban (tercapainya penurunan angka stunting, perbaikan lingkungan, dan peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak di desa).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *