Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

SMPN 1 Rancabungur Buka PPDB 2023

1103
×

SMPN 1 Rancabungur Buka PPDB 2023

Sebarkan artikel ini
SMPN 1 Rancabungur Buka PPDB 2023
Pelaksanaan PPDB 2023 SMPN 1 Rancabungur.

BOGOR, Kobra Post Online – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Rancabungur Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor, membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023.

Ketua Panitia PPDB, Zaenal Sofyan mengatakan, PPDB tahun 2023 ini dimulai pada 3-6 Juni 2023. Adapun jalur dan kuota yang dibuka di antaranya zonasi 50%, afirmasi 15%, prestasi (rapor+kejuaraan) 25%+5% serta perpindahan tugas orang tua 5%.

“Adapun tahapan-tahapannya, calon peserta masuk dari pintu utama, di situ ada pemeriksaan berkas awal. Kemudian masuk pintu kedua untuk pengecekan pendaftaran, bagi yang belum mendaftar secara online maka akan dibantu oleh pihak sekolah. Setelah itu masuk ke ruangan verifikasi data manual,” kata Zaenal kepada Kobra Post Online di sekolah, Senin (3/7).

Ia menuturkan, pendaftaran untuk masuk ke SMPN 1 Rancabungur melalui online, namun verifikasi dilakukan secara offline. Sekolah telah menyiapkan panitia untuk membantu jika ada calon siswa yang belum mendaftar online.

Zaenal menjelaskan, SMPN 1 Rancabungur dalam PPDB tahun ini menargetkan usulan daya tampung 11 rombongan belajar (rombel) dengan kuota total 352 calon peserta didik (CPD).

“Bagi siswa yang tidak tertampung akibat kepenuhan kuota, maka akan diarahkan ke kelas jauh. Karena Kecamatan Rancabungur telah memiliki kelas jauh (filial) rintisan untuk menjadi SMPN 2 Rancabungur sejak tahun lalu,” jelasnya.

Sebelumnya, sambung Zaenal, sekolah telah melakukan sosialisasi PPDB dengan mengundang para kepala Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Rancabungur, beberapa kepala desa, dan pihak kecamatan.

PPDB 2023 SMPN 1 Rancabungur

ketua panitia itu menerangkan, SMPN 1 Rancabungur telah memiliki banyak prestasi. Pada tahun kemarin sekolah memilik prestasi di Tahfid Al-Quran juara 1 di tingkat Kabupaten Bogor. Tahun ini kembali mendapatkan juara ke-1 pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat Kabupaten Bogor, serta akan mewakili kabupaten untuk tingkat provinsi nanti.

“Selain itu masih banyak pretasi lainnya yang diraih. Untuk Tahfidz Al-Quran, pada hari Minggu mereka akan berangkat ke Sukabumi mewakili kontingen Kabupaten Bogor,” terangnya.

Baca juga: Hari Terakhir Sanlat, SMPN 1 Rancabungur Gelar Baksos

Mengenai sarana dan prasarana, Zaenal menyebutkan, sekolah memiliki lapangan yang luas dapat digunakan untuk upacara dan kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian, lanjutnya, SMPN 1 Rancabungur juga mempunyai Laboratorium komputer, IPA, dan Perpustakaan.

“Pada tahun sebelumnya SMPN 1 Rancabungur telah masuk kategori Sekolah Adiwiyata karena memiliki taman dan lingkungan yang bersih,” ucapnya.

Terakhir, ia berharap dalam pelaksanaan PPDB tahun 2023 ini bisa menjaring siswa-siswi agar dapat memenuhi kuota sesuai target yang telah ditentukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *