Scroll untuk baca artikel
Sorot Desa

Manfaatkan Dana Desa 2023 Untuk Infrastruktur, Ini Prioritas Utama Rancabungur

929
×

Manfaatkan Dana Desa 2023 Untuk Infrastruktur, Ini Prioritas Utama Rancabungur

Sebarkan artikel ini
dana desa.
Kepala Desa Rancabungur, Saepudin meninjau pembangunan jalan lingkungan (Jaling) di wilayah RT 02 RW 08, didampingi RT dan RW.

BOGOR, Kobra Post Online – Desa Rancabungur Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor memanfaat Dana Desa 2023 untuk infrastruktur. Prioritas utama pembangunan diantaranya jalan lingkungan (Jaling), pembangunan dan rehab posyandu, serta MCK.

Kepala Desa Rancabungur, Saepudin mengatakan, pada program Dana Desa 2023 tahap 1 ada 4 titik kegiatan infrastruktur yakni pembangunan jaling di wilayah RT 02 RW 08 Kampung Karacak, pembangunan Posyandu Anggrek di RT 02 RW 05 Jalan Cagak Lebak. Kemudian rehabilitasi Posyandu Edelweis di RW 11 dan pembangunan MCK di RT 02 RW 10.

“Untuk pembangunan jaling menyerap anggaran Rp120 juta dengan panjang 350 meter, lebar 1,20 meter serta ketebalan 10 sentimeter, ini hampir rampung. Sementara pembangunan Posyandu Anggrek menghabiskan dana sebesar Rp 50 juta, pembangunan MCK Rp 60 juta dan rehab Posyandu Edelweis sebesar Rp 15 juta,” kata Saepudin kepada Kobra Post Online di ruang kerjanya, Rabu (31/5).

Saepudin menegaskan, seluruh pembangunan infrastruktur itu dikerjakan oleh tim pelaksana desa termasuk RT, RW serta masyarakat, guna bentuk pemberdayaan.

“Kegiatan ini tidak di pihak ketigakan, kita memberdayakan masyarakat. Alhamdulillah cukup lumayan animo warga membantu kegiatan ini,” tegasnya.

Manfaatkan Dana Desa 2023 Untuk Infrastruktur, Ini Prioritas Utama Rancabungur
Kepala Desa Rancabungur meninjau pembangunan Posyandu Anggrek RT 02 RW 05.
Baca juga: Desa Rancabungur Akan Buka Wisata Arung Jeram Tahun 2022

Mengenai waktu pelaksanaan, lanjut Kades, pihaknya menargetkan selesai selama 30 hari kalender. Namun, sambungnya, pelaksanaan jaling sudah bisa diselesaikan dalam jangka waktu 2 Minggu, lebih cepat dari target.

“Jaling sudah 95%, Insya Allah hari ini selesai. Untuk pembangunan lainnya ada yang baru mencapai 50% dan ada yang sudah 75%,” paparnya.

Saepudin menjelaskan, pembangunan jaling di wilayah Kampung Karacak ini menjadi prioritas utama karena kondisinya cukup parah. Apalagi jalan itu menjadi akses utama warga untuk ke sekolah dan pelayanan kesehatan seperti puskesmas.

“Jalan ini juga menghubungkan 3 wilayah RT, yaitu RT 01, 02, dan 03 di RW 08,” terangnya.

Baca juga: Kades Pasirgaok Beberkan Pendistribusian Dana Desa Rp1,1 M

Sementara untuk posyandu, imbuhnya, kondisi saat ini cukup memprihatinkan dengan plafon dan keramik yang rusak.

“Sekian tahun kita melihat dengan kekhawatiran bahwa kondisi posyandu sangat memprihatinkan, oleh karena itu perlu adanya rehab. Kita menginginkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan masyarakat yang baik dan layak,” ucapnya.

Baca juga: Dana Desa Cair, Pemdes Sukaraksa Salurkan BLT Rp 900 Ribu

Saepudin berharap dengan di bangunnya infrastruktur ini, masyarakat dapat memanfaatkan dan mempergunakannya dengan baik. Selain itu ia juga mengimbau warga untuk dapat memelihara dan menjaganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *