Kades Pasirgaok Beberkan Pendistribusian Dana Desa Rp1,1 M

Kades Pasirgaok Beberkan Pendistribusian Dana Desa Rp1,1 M 1
Pembagian BLT DD di aula Desa Pasirgaok. (Foto: Dok. Junaedi-kobrapostonline).

BOGOR, Kobra Post Online – Anggaran Dana Desa (DD) Pasirgaok, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, sebesar Rp1.102.000.000 sudah didistribusikan sesuai dengan peruntukannya.

Dari anggaran DD itu, sebesar 40 persen sudah disalurkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) tiga bulan terakhir tahun 2022, yaitu Oktober, November dan Desember.

“Ada 128 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 184 KPM,” kata Kepala Desa Pasirgaok, Sarifudin kepada Kobra Post Online di Kantornya, Jumat (11/11).

Baca juga: Program Samisade, Desa Pasirgaok Bangun Jalan Poros

Penurunan ini, jelas Kades, akibat dari aturan penggunaaan Dana Desa yang semula diterima 60 persen menjadi 40 persen untuk BLT.

“Penyaluran sekarang tiga bulan terakhir tahun 2022, di mana masing-masing KPM mendapatkan uang senilai Rp900 ribu,” terangnya.

Lanjut Sarifudin, rincian penggunaan anggaran DD tahun 2022 mencakup 40 persen BLT, 20 persen ketahanan pangan, 8 persen PPKM dan 32 persen untuk pemberdayaan peningkatan sumber daya manusia.

“Pelaksanaannya sambil berjalan, sesuai dengan tahapan dan aturan-aturan yang ada,” ucapnya.