Kemenperin Dorong Pertumbuhan Wirausaha Baru

oleh -930 views
Kemenperin

JAKARTA, Kobrapostonline.com – Dalam upaya menumbuhkan wirausaha baru khususnya sektor industri kecil dan menengah (IKM), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menjalankan berbagai program strategis. Seperti pembinaan yang dilakukan di sentra-sentra, melaksanakan program restrukturisasi mesin dan peralatan, serta memfasilitasi kegiatan workshop e-Smart IKM.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, secara khusus memang menekankan pula pada pengembangan sektor IKM,” ungkap Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian, di Jakarta. Jumat (01/11/2019).

Menurut Agus, pihaknya tetap fokus memacu pengembangan industri kecil dan menengah agar lebih produktif, kreatif dan inovatif. Langkah strategis ini dinilai akan mendukung upaya pemerintah dalam mendorong perekonomian yang inklusif.

“Sebab, sektor IKM adalah mayoritas dari populasi industri di Indonesia. Sehingga sektor ini diharapkan menjadi tulang punggung perekonomian nasional,” jelasnya.

Baca juga : Kemenperin Pacu Transformasi Industri 4.0

Kemenperin melanjutkan, untuk mendukung penumbuhan wirausaha IKM di luar Pulau Jawa, Kemenperin telah berhasil membangun 22 sentra IKM sepanjang tahun 2015-2019. Dari jumlah tersebut, sebanyak 14 sentra sudah beroperasi.

“Hingga saat ini, jumlah IKM didalam negeri melampaui 4,4 juta unit usaha atau mencapai 99% dari seluruh unit usaha industri di Tanah Air. Selain itu, sektor industri mikro, kecil, dan menengah sudah menyerap hingga 10,5 juta tenaga kerja atau berkontribusi 65% dari sektor industri secara keseluruhan,” papar Agus.

Guna menggenjot produktivitas, Kemenperin telah melaksanakan program restrukturisasi mesin dan peralatan produksi kepada 341 pelaku IKM sepanjang 2015-2018, dengan nilai investasi sebesar Rp144,65 Miliar. Mesin dan alat tersebut antara lain diberikan kepada pelaku IKM alat angkut, sandang, aneka, barang dari kayu, furnitur, kimia, logam, mesin, serta pangan.

Reporter : Rangga A.

Editor : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *