Scroll untuk baca artikel
Info Bekasi

Gedung SDN 02 Karang Satu Bekasi Memprihatinkan, Anggaran Pemeliharaan Kemana?

399
×

Gedung SDN 02 Karang Satu Bekasi Memprihatinkan, Anggaran Pemeliharaan Kemana?

Sebarkan artikel ini
Kondisi SDN 02 Karang Satu.

BEKASI, Kobra Post Online – Kumuh dan tidak terawat, mungkin itu kata yang tepat menggambarkan kondisi Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Karang Satu. Warna cat dinding sekolah dasar di Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ini terlihat begitu kusam, dihiasi kaca jendela belakang yang pecah. Seolah manajemen sekolah membiarkan keadaan memprihatinkan ini begitu saja.

Pemerhati Pendidikan yang juga salah satu tokoh masyarakat di Bekasi, Zaenal Abidin amat menyayangkan kondisi ini. Ia pun mempertanyakan pengalokasian dana pemeliharaan lewat anggaran Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Menurutnya, kondisi fisik separah ini menimbulkan dugaan tidak terserapnya anggaran pemeliharaan gedung. Baik anggaran dari daerah, maupun dari pusat.

“Seharusnya anggaran dipergunakan dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, agar para siswa dapat belajar dengan baik,” katanya di Bekasi, Kamis (19/10).

“Lantas, penyerapan anggaran pemeliharaan selama ini patut kita pertanyakan. Saya khawatir, jangan-jangan anggaran untuk sekolah penggerak besar pun tidak jelas penyerapannya,” tambahnya.

Baca juga: Kepala SD Negeri Sukaluyu 02 Tamansari Ogah Ngantor

Zaenal berharap, instansi terkait seperti inspektorat dan lainnya bisa turun langsung ke sekolah ini. Sehingga, bisa diketahui separah apa kondisi fisik bangunannya.

“Pertanyakan laporan pertanggungjawaban selama ini seperti apa, karena SDN 02 Karang Satu ini adalah satu-satunya sekolah yang menyandang predikat Sekolah Penggerak yang mendapatkan anggaran tambahan juga sebesar Rp50 juta per tahun dari pemerintah daerah Kabupaten Bekasi sejak Tahun 2022-2023. Bila terbukti tolong diberikan sanksi tegas agar ada efek jera,” harapnya.

Baca juga: Pembangunan 3 Gedung di Tambelang Bekasi Diduga Banyak Kejanggalan

Di tempat terpisah, Koordinator Pengawas Wilayah Pendidikan Karang Bahagia, H. Purwanto mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan survei ke sekolah itu untuk mengetahui kondisinya. Jika memang kondisinya sesuai yang disebutkan Zaenal, Purwanto akan memerintahkan Kepala Sekolah SDN 02 Karang Satu untuk melakukan perawatan menggunakan anggaran yang sudah dianggarkan oleh pemerintah.

“Saya berharap agar semua sekolah yang ada di wilayah Karang Bahagia untuk melakukan perawatan gedung sekolah juga,” tegasnya.

Sayangnya, Kepala Sekolah SDN 02 Karang Satu, Yoyon masih belum bisa dikonfirmasi hingga berita ini ditayangkan. Sebelumnya, Kobra Post sudah mencoba menyambangi ke kantornya, namun Yoyon sedang tidak berada di tempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *