Dinamika Musrenbangdes Lebih Hidup, Camat Cigudeg Apresiasi Warganya

Dinamika Musrenbangdes Lebih Hidup
Suasana pelaksanaan Musrenbangdes Bunar, pada Jumat (23/9). (Foto: Dok. D.Alek)

BOGOR, Kobra Post Online – Camat Cigudeg Kabupaten Bogor, Pardi memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah menyampaikan usulan-usulan kegiatan pembangunan di wilayah desa Kecamatan Cigudeg.

“Saya berikan apresiasi, karena dinamika Musrenbangdes (Musyawarah Pembangunan Desa) sangat hidup. Berbagai elemen masyarakat proaktif mengusulkan berbagai kebutuhan dan permasalahan di wilayahnya masing-masing,” kata Pardi kepada Kobra Post Online di sela-sela menghadiri acara Musrenbang Desa Bunar Cigudeg, pada Jumat (23/9).

Pardi menyebutkan, seluruh program dan kegiatan pemerintah harus terinput oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Karena Musrenbangdes inilah yang menjadi pintu awal kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah desa,” ujarnya.

Mengenai soal anggaran kegiatan tahun 2023 yang digelontorkan ke desa, Camat Pardi menjelaskan, untuk besaran dana belum ada. Karena anggaran itu akan diberikan pada akhir tahun atau awal tahun anggaran.

“Tetapi setiap Musrenbangdes, nilai pagu yang ditetapkan sesuai anggaran berjalan. Jadi anggaran tahun 2022 menjadi acuan untuk menyusun program kegiatan pada 2023,” jelasnya.

Lanjut Pardi, total anggaran yang digelontorkan ke desa tahun 2022 kurang lebih Rp3 miliar. Khusus Rp1,4 miliar dana desa dari pemerintah pusat.

“Kan ada beberapa dana transfer yang diterima desa. Ada Dana Desa (DD) dari APBN, Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD, Batuan Provisi (Banprov) dan yang lainnya,” paparnya.

Baca juga: Musrenbangdes Cintamanik Usulkan Bantuan 150 Ekor Kambing Untuk Kelompok Tani

Di tempat yang sama, Kepala Desa (Kades) Bunar, Jajat Sudarjat berharap, usulan dari berbagi elemen masyarakat bisa terealisasikan.

“Semoga ke depan tidak ada lagi pandemi Covid 19, sehingga semua program pembangunan yang sudah direncanakan bisa terealisasi,” harapnya.