Status Darurat Nasional Virus Corona Diperpanjang Hingga 29 Mei 2020

oleh -886 views
Status Darurat Nasional
Kepala BNPB Doni Monardo.

JAKARTA, Kobrapostonline.com – Status darurat Nasional wabah virus Corona (Covid-19) di perpanjang hingga 29 Mei 2020. Keputusan tersebut ditetapkan dalam surat keputusan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Nomor 13.A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesa. Selasa (17/03/2020).

“Perpanjangan status keadaan tertentu sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu berlaku selama 91 hari. Terhitung sejak tanggal 29 Februari 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020,” isi yang tertulis dalam surat keputusan tersebut.

Menurut Kepala BNPB Doni Monardo, pertimbangan adanya keputusan tersebut, karena penetapan sebelumnya pada surat Nomor 9.A Tahun 2020 sudah habis masa berlakunya. Sedangkan penyebaran virus Corona di Indonesia semakin meluas.

“Penyebaran virus Corona semakin meluas dan menyebabkan banyaknya korban jiwa, kerugian harta benda, dampak psikologis pada masyarakat. Serta mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat,” kata Doni.

Baca juga : Pemkab Bogor Tetapkan 9 Program Prioritas Tahun 2021

Dengan adanya perpanjangan masa darurat bencana, segala biaya yang dikeluarkan dalam penanganan Covid-19 dibebankan pada dana siap pakai yang ada di BNPB. Adapun dana siap pakai yang disiapkan BNPB sebesar Rp4 triliun setiap tahun.

Berikut empat poin yang tercantum dalam keputusan Kepala BNPB Nomor 13.A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesa :

  • Menetapkan Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.
  • Perpanjangan Status Keadaan Tertentu sebagaimana dimaksud dalam diktum KESATU berlaku selama 91 (sembilan puluh satu) hari, terhitung sejak tanggal 29 Februari 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.
  • Segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibat ditetapkannya Surat Keputusan ini dibebankan pada Dana Siap Pakai yang ada di Badan Nasional Penanggulangan Bencana
  • Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Reporter : Rangga A.

Editor : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *