Scroll untuk baca artikel
Sorot Desa

Sambut HUT RI ke-78, Desa Rancabungur Gelar Tasyakuran dan Lomba Tumpeng

600
×

Sambut HUT RI ke-78, Desa Rancabungur Gelar Tasyakuran dan Lomba Tumpeng

Sebarkan artikel ini
78
Desa Rancabungur menggelar tasyakuran dan lomba tumpeng dalam rangka menyambut HUT RI ke 78. (Foto: Dok. Junaedi-kobrapostonline).

BOGOR, Kobra Post Online – Guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78 tahun 2023, Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor menggelar tasyakuran bersama dan lomba tumpeng di aula kantor desa setempat pada Rabu (16/8) malam.

Kepala Desa Rancabungur, Saepudin mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut HUT RI ke 78 tingkat Desa Rancabungur. Jadi, setiap malam tanggal 17 Agustus silaturahmi bersama dengan masyarakat, RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh agama dan yang lainnya.

“Tujuannya untuk mengucap rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa. Bahwa dalam kemerdekaan yang ke 78 tahun, dan rasa syukur kita mendoakan kepada para pejuang pahlawan kemerdekaan yang telah memerdekakan Republik Indonesia,” kata Saepudin kepada Kobra Post Online di ruang kerjanya.

Lanjut Saepudin, adapun perlombaan ini diikuti oleh 11 RW. Peserta membawa tumpeng dengan nuansa kemerdekaan. Dalam perlombaan ini, pihak desa akan memberikan suatu penghargaan bagi juara 1, juara 2 dan juara 3.

“Kita berikan suatu penghargaan bagi yang terbaik. Selain memberikan piala, kami juga akan memberikan uang kadedeuh untuk mereka yang juara atau menjadi yang terbaik,” ungkapnya.

78
Kepala Desa Rancabungur, Saepudin, saat memberikan sambutan.
Baca juga: Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja Berikan Bantuan Air Bersih ke 3 Desa di Rancabungur

Ia menjelaskan, ada beberapa unsur penilaian, diantaranya dari unsur kreasi, dekorasi, rasa dan lainnya. Kemudian, tim penilai melibatkan perwakilan dari kecamatan, BPD, Babinsa dan perwakilan tokoh masyarakat.

“Tim penilai atau juri akan mencicipi dari seluruh tumpeng, melihat dekorasi dengan nuansa kemerdekaan. Disaksikan secara langsung oleh masyarakat yang hadir,” jelasnya.

Saepudin menuturkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin dan akan dilakukan secara berkelanjutan. Selain lomba tumpeng, sambungnya, juga alan diadakan lomba kebersihan, serta lomba keindahan gapura antar RW.

“Akhir Agustus puncaknya akan ada panggung hiburan bagi masyarakat. Dengan pemberian hadiah lomba tumpeng, kebersihan dan lomba hias gapura di wilayah RW masing-masing,” tuturnya.

78.
Tim penilai lomba tumpeng dengan dekorasi HUT RI ke 78.
Baca juga: Sambut HUT RI ke-78, Kecamatan Rancabungur Gelar Jumsih

Kades berharap, Desa Rancabungur agar bisa mempersatukan dan mempererat tali silaturahmi antar warga, lembaga serta tokoh masyarakat.

“Sehingga kita melangkah program pembangunan dengan semua sektor mendukung, akan lebih mudah. Jadi dengan kegiatan ini bertujuan agar mempererat tali silaturahmi antar warga,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *