Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Polres Bogor Launching Polisi RW di Wilayah Kabupaten Bogor

939
×

Polres Bogor Launching Polisi RW di Wilayah Kabupaten Bogor

Sebarkan artikel ini
launching
Polres Bogor melaunching polisi RW sebanyak 1.200 personel.

BOGOR, Kobra Post Online – Kepolisian Resor (Polres) Bogor Kepolisian Daerah (Polda) Jabar melaunching polisi Rukun Warga (RW) di wilayah Kabupaten Bogor, Senin (8/5).

Peluncuran yang digelar di Gedung Audotorium Tegar Beriman tersebut di hadiri Forkopimda Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin menjelaskan, bahwa polisi RW adalah personel polisi yang ditugaskan di wilayah RW untuk menyelenggarakan pemolisian masyarakat. Membangun komunitas yang dapat bekerjasama dengan masyarakat dalam meniadakan gangguan terhadap keamanan dan ketertiban, serta menciptakan ketentraman, mendukung terwujudnya kualitas hidup masyarakat.

“Dalam program polisi RW ini sendiri kami libatkan 1.200 personel diluar personel Bhabinkamtibmas,” terangnya.

Lanjut Kapolres, polisi RW sendiri nantinya bertugas untuk bermitra dengan masyarakat dalam mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan langsung. Serta menemukan pemecahan masalahnya, mengatasi masalah sosial dengan tindakan preventif dan primitif sehingga tidak menjadi masalah hukum atau mengganggu situasi kamtibmas.

launching
Baca juga: Polresta Bogor Kota Aktifkan Kembali Polisi RW

Menurut AKBP Iman, selain mendudukung fungsi kepolisian lainya untuk meningkatkan efektivitas penerapan polisi masyarakat di setiap wilayah, serta melakukan kegiatan polisi mengajar baik di sekolah-sekolah dan di wilayah RW masing-masing.

Sebelum diterjunkan di lingkungan Rukun Warga, personel Polres Bogor yang telah ditunjuk sebagai Polisi RW pun telah mengikuti serangkaian pelatihan guna mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) Polri agar siap menghadapi situasi dilingkungan.

AKBP Iman menyebutkan, para personel polisi RW yang bertugas dilengkapi dengan ID Card yang dapat diakses oleh masyarakat melalui scan barcode dari hanphone.

launching
Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin.
Baca juga: Sebelum Launching, Sekda Imbau ASN Datang ke Mal Pelayanan Publik

Nantinya, kata Kapolres setelah di scan barcode akan keluar informasi terkait nomor handphone polisi RW dan juga nomor handphone Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa tersebut.

“Dengan demikian masyarakat yang ingin malapor ataupun membutuhkan kehadiaran polisi RW dapat dengan cepat menghubunginya, dan juga tercantum Nomor kontak 110 Call Center kami yang melayani 24 Jam,” terangnya.

Baca juga: Resmi dilaunching Menpan RB, MPP Grha Tiyasa Mudahkan Masyarakat

Sementara itu, PLT Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang hadir dalam launching sangat mengapresiasi atas inovasi Polres Bogor yang meluncurkan polisi RW ini.

“Mudah- mudahan dengan hadirnya polisi RW ini dapat menciptakkan situasi yang aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Bogor,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *