Pemkot Bogor Akan Siapkan Lumbung Logistik

oleh -1.416 views
Wakil Wali Kota Bogor
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim

BOGOR, Kobrapostonline.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menyiapkan Lumbung Logistik untuk mengantisipasi jika terjadi kedaruratan akibat terdampak COVID-19.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menjelaskan, lumbung logistik akan disebar di 720 RW Siaga Corona yang tersebar di 68 Kelurahan se-Kota Bogor.

“Jadi jika terjadi kedaruratan atau krisis, kita akan distribusikan beras ke setiap RW di 68 Kelurahan se-Kota Bogor untuk membangun dapur umum,” kata Dedie dalam keterangan pers melaui Chanel Youtube dan Instagram Pemkot Bogor, Sabtu (18/04/2020) sore.

Dedie mengatakan, stok beras Kota Bogor baru ada 22 ton, akan ditambah menjadi 322 ton yang diambil dari Gudang Bulog Cianjur.

Nantinya, sambung Dedie, 322 ton beras ini akan didustribusikan ke RW-RW Siaga corona.  Setiap RW-nya diperkirakan akan menerima sekitar 425 kilogram.

“Ini akan menjadi modal lumbung logistik. Jadi berasnya bukan untuk dibagikan, tetapi dikumpulkan dulu dan diharapkan bisa bertambah dari bantuan lokal masyarakat sendiri. Misalkan di lingkungan RW itu ada warga yang mau nyumbang 10 liter atau mampunya hanya 2 cangkir beras silahkan,” tutur Dedie.

Selanjutnya, ungkap Dedie, jika terjadi krisis atau betul -betul darurat di wilayah RW, silahkan  RW membangun dapur umum, tinggal nanti mencari untuk lauk pauk dan sayur mayurnya.

“Saya sudah bicara dengan Dirut PD Pasar untuk sayur mayor, seperti kangkung. Mereka siap membantu,” jelasnya.

Baca juga : Semprot Disinfektan, Pemdes Kalong 1 Gunakan Mobil Damkar

Terkait dengan operasional RW, Dedie menuturkan, berdasarkan hasil rapat dengan Kemendagri (Kemeneterian Dalam Negeri) dan Kementerian Keuangan. Pemerintah Kota Bogor bisa memanfaatkan 30 persen dari dana kelurahan untuk penanganan COVID-19.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) juga akan mendistribusikan 1,5 kwintal beras ke setiap Kecamatan. Tujuan pendistribusian beras ini sama, apabila terjadi kedaruratan agar dibangun dapur umum,” ungkapnya.

Reporter          : Yaso

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *