Scroll untuk baca artikel
Nasional

Optimalkan Pelayanan, Baristand Industri Jadi BSPJI

3415
×

Optimalkan Pelayanan, Baristand Industri Jadi BSPJI

Sebarkan artikel ini
Baristand Industri Jadi BSPJI
Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Doddy Rahadi.

JAKARTA, Kobra Post Online – Untuk meningkatkan mutu dan mengembangkan layanan jasa teknis melalui terobosan inovasi layanan publik serta menjalin kerja sama dengan pelaku industri. Kementerian Perindustrian merubah Balai Riset dan Standardisasi (Baristand) Industri menjadi Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI).

“Dengan transformasi ini, berharap dapat lebih optimal dalam melayani industri di seluruh wilayah Indonesia. Khususnya bidang pengujian kalibrasi dan sertifikasi untuk mendukung daya saing industri dalam negeri,” kata Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Doddy Rahadi di Jakarta, Minggu (8/5).

Doddy menyebutkan, salah satu peran balai yang tengah dioptimalkan adalah BSPJI Banjarbaru, yang memberikan pelayanan jasa industri di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

BSPJI Banjarbaru saat ini, lanjutnya, telah memiliki empat Laboratorium Pengujian, yakni Laboratorium Lingkungan, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Kayu, dan Laboratorium Aneka Komoditi. Status laboratorium uji sudah terakreditasi sesuai SNI ISO/IEC 17025:2017 dan telah teregisterasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

“Dengan dukungan sumber daya manusia yang kompeten, BSPJI Banjarbaru juga telah menambah ruang lingkup akreditasi pengujiannya pada tahun 2021. Dengan total ruang lingkup meliputi AMDK, garam konsumsi beryodium, air permukaan, air limbah, udara ambien, pupuk NPK, pupuk fosfat alam, pupuk KCl dan papan partikel,” sebutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *