Scroll untuk baca artikel
Nasional

Menperin : Industri Manufaktur Tumbuh Gemilang

3283
×

Menperin : Industri Manufaktur Tumbuh Gemilang

Sebarkan artikel ini
Industri Manufaktur Tumbuh Gemilang
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

JAKARTA, Kobra Post Online – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, kinerja sektor industri manufaktur Indonesia mampu tumbuh gemilang.

“Meski di tengah situasi ekonomi dan politik global sedang mengalami gejolak dan penuh ketidakpastian serta adanya dampak pandemi covid 19, kinerja industri manufaktur mampu tumbuh gemilang,” katanya di Jakarta, Senin (9/5).

Agus memaparkan, industri pengolahan nonmigas mampu mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,47% atau lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,01% pada triwulan I tahun 2022.

“Kinerja sektor manufaktur itu juga naik signifikan dibanding pada periode yang sama tahun lalu yang mengalami kontraksi 0,71%,” paparnya di Jakarta, Senin (9/5).

Menurutnya, subsektor yang menjadi penopang kinerja pertumbuhan industri pengolahan nonmigas selama triwulan I-2022, di antaranya adalah industri alat angkutan yang tumbuh sebesar 14,20%.

“Diikuti industri tekstil dan pakaian jadi (12,45%), serta industri mesin dan perlengkapan (9,92%),” ujarnya.

Menperin menyebutkan, keseimbangan antara kebijakan kesehatan dan ekonomi, juga kepercayaan diri dari para pelaku industri serta daya tahan untuk beradaptasi dalam masa pandemi. Merupakan bentuk dari resiliensi yang terlihat di sektor industri manufaktur di Indonesia.

“Hal ini membuktikan pula bahwa kebijakan pemerintah berjalan baik, guna menciptakan iklim usaha yang kondusif. Kami akan kawal sehingga momentum ini dapat terjaga sepanjang tahun,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *