Scroll untuk baca artikel
Sorot Desa

Kader Posyandu Desa Rancabungur Ikuti Peningkatan Kapasitas

369
×

Kader Posyandu Desa Rancabungur Ikuti Peningkatan Kapasitas

Sebarkan artikel ini
kader posyandu
Peningkatan kapasitas kader Posyandu Desa Rancabungur. (Foto: Dok. Junaedi).

BOGOR, Kobra Post Online – Sebanyak 11 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Rancabungur Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor, mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas kader Posyandu di aula desa setempat, Jumat (10/11).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Camat Rancabungur, Dita Aprilia, Sekretaris Kecamatan Rancabungur, Nanan Hermawan, Kapolsek Rancabungur, Iptu Hartanto.

Kepala Desa Rancabungur, Saepudin mengatakan, narasumber atau pembicara dalam kegiatan peningkatan kapasitas kader Posyandu ini yaitu dari Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), dan Puskesmas Rancabungur.

“Inti dari peningkatan kapasitas itu adalah memberikan pemahaman tugas dan fungsi kader Posyandu, dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat yang ada di Desa Rancabungur,” kata Saepudin kepada Kobra Post Online di Kantor Desa Rancabungur.

kader posyandu
Baca juga: ASN Rancabungur dan Perangkat Desa Siap Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Saepudin melihat peranan Posyandu ini sangat penting di mata masyarakat, sebagai pelayanan dasar. Disamping melayani pemeriksaan kesehatan balita, juga ada Posyandu lansia dan bina keluarga remaja.

“Salah satu Posyandu yang sudah lengkap yaitu Posyandu Mawar RW 10. Dulu pernah ikut serta kegiatan lomba Posyandu dan sebagai Posyandu terbaik untuk Kecamatan Rancabungur, bahkan binaan Kampung Keluarga Berencana juga pada tahun 2022-2023 ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, tahun 2023 ini Desa Rancabungur mendapatkan dana revitalisasi peningkatan dari bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat, salah satunya untuk kelengkapan-kelengkapan kebutuhan pelayanan di posyandu.

“Ada yang butuh meja, kursi, lemari, kipas angin, timbangan balita dan sebagainya. Kita sudah penuhi semua kebutuhan-kebutuhan yang ada di Posyandu,” jelasnya.

kader posyandu.
Baca juga: DPRD Kota Bogor Usulkan Kenaikan BOP RT, RW dan Kader Posyandu

Saepudin berharap bagi masyarakat Rancabungur yang memiliki balita, lansia dan bina keluarga remaja agar dapat memanfaatkan kegiatan Posyandu di wilayah masing-masing.

“Karena setiap kegiatan Posyandu dihadiri bidan dari puskesmas. Maka yang memiliki balita, lansia dan bina keluarga remaja agar bisa memanfaatkan kegiatan Posyandu ini,” ajaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *