Desa Setia Asih Bekasi Gelar Pelatihan Membatik

oleh -632 views
Pelatihan Membatik
Pelatihan Membatik Desa Setia Asih. (Foto : Dok. Surya S.)

BEKASI, Kobra Post Online – Desa Setia Asih Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi menggelar pelatihan membatik bagi para Kader Posyandu dan Tim Penggerak PKK desa.

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Dalam rangka meningkatkan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS)’ itu dilaksanakan di Pendopo Kantor Desa Setia Asih.

Adapun inisiator dari pelatihan tersebut yakni Kepala Desa (Kades) hormat Setia Asih Hj. Siti Qomariah bersama Pjs Kades H. Dede Firmansyah.

Pjs Kades Setia Asih H. Dede Firmansyah mengatakan pelatihan membatik berlangsung selama tujuh hari ke depan dengan jumlah peserta 25 orang.

“Terima kasih kepada ibu-ibu kader PKK yang hadir pada hari ini untuk mengikuti pelatihan membatik. Kegiatan ini merupakan program berkelanjutan dari Kades terdahulu,” katanya, Sabtu (29/08/2020).

Menurut Dede, melalui produk batik Samara dapat membawa nama baik Desa Setia Asih hingga tingkat Nasional mewakili Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Semoga dengan adanya program ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lebih baik lagi kedepannya. Tentunya kami berharap seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini hingga selesai. Sehingga dapat bermanfaat untuk menambah perekonomian keluarga dalam masa pandemi Covid -19 saat ini,” harapnya.

Sementara itu, Hj. Siti Qomariah, selaku pengelola Batik Samara Setia Asih menuturkan, bahwa pelatihan membatik ini merupakan program berkelanjutan. Dimana hasil akhirnya dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

“Ini pelatihan yang kelima kalinya sejak 2015 lalu. Kita menggandeng beberapa instansi terkait, seperti Dinas Industri, KB, Pegadaian dan pemerintahan desa,” tuturnya.

Kokom (panggilan akrab -red) menambahkan, batik Samara merupakan hasil kerajinan tangan warga Desa Setia Asih sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat.

“Untuk motif dan corak batik Samara terbilang berbeda dengan batik lainnya dan mencerminkan motif khas Kabupaten Bekasi. Dengan menampilkan motif daun eceng gondok, ikan gabus, ondel-ondel dan lainnya. Sehingga mata siapapun yang memandang dapat kepincut dan memahami bahwa itu batik Bekasi,” imbuh Hj. Qomariah.

Baca juga : SWI Bekasi Laksanakan Ibadah Qurban

Kades hormat du periode itu berharap agar masyarakat dan para pemangku kebijakan/ pejabat Pemerintah Kabupaten Bekasi dapat membantu mempromosikan batik buatan lokal.

“Terutama batik Samara Setia Asih. Jaminan harga terjangkau dan kualitas yang membanggakan. Sebagai Warga Kabupaten Bekasi, kita harus mencintai produk sendiri. Kalau bukan kita siapa lagi?,” pungkasnya.

Reporter          : Surya Suep

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *