Bebas Covid 19, Pembagian BLT DD Pasirgaok Tetap Sesuai Prokes

oleh -399 views
Pasirgaok
Kepala Desa Pasirgaok Sarifudin saat memberikan BLT DD kepada salah satu KPM. (Foto : Dok. Jun)

BOGOR, Kobra Post Online – Sejak Maret 2021 hingga hari ini, warga Desa Pasirgaok Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor terbebas dari Covid 19.

Meskipun demikian, pelaksanaan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap pertama tahun 2021 tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes).

“Sejak Maret lalu, wilayah kami sudah masuk zona hijau. Artinya warga terbebas dari virus corona. Namun pembagian BLT DD tahap pertama yang dilaksanakan hari ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Kita harus tetap menjaga dan waspada,” kata Kepala Desa (Kades) Pasirgaok, Sarifudin kepada KP di ruang kerjanya. Rabu (19/05/2021).

Sarifudin menjelaskan, adapun jumlah penerima BLT DD saat ini sebanyak 184 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing-masing mendapatkan Rp300 ribu.

“Kuota penerima bantuan itu sesuai dengan arahan dan pengajuan pihak RT dan RW. Dari 6 RW yang ada terdapat 32 RT, rata-rata setiap RW sekitar 30 sampai 32 penerima manfaat,” jelasnya.

Kades Pasirgaok
Kepala Desa Pasirgaok, Sarifudin.

Lanjut Kades, mengenai sistem penyaluran BLT DD tersebut, pihak desa membagi menjadi dua zona.

“Zona pertama yaitu pagi hari untuk warga dari RW 01 sampai 03. Sedangkan zona kedua pada siang hari bagi masyarakat RW 04 hingga 06,” paparnya.

Sarifudin menambahkan, terkait penanganan virus corona, pihaknya telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid tingkat desa, dusun dan RW.

“Selain itu kami juga membuat posko yang berada di setiap RW. Jumlahnya ada 7 posko. Kami juga selalu mengingatkan warga untuk selalu waspada dan menerapkan prokes dalam kehidupan sehari-hari. Alhasil, wilayah kami hingga hari ini terbebas dari Covid 19,” imbuhnya.

Baca juga : Jelang Lebaran, Desa Cigudeg Bagikan BLT DD Tahap Pertama

Terakhir Kades Pasirgaok itu mengajak masyarakat untuk bersama-sama mempertahankan zona hijau dan mematuhi protokol kesehatan.

“Saya berharap zona hijau ini tetap terus bertahan sampai tidak ada yang terpapar kembali. Kepada masyarakat, saya selalu mengimbau untuk selalu menerapkan 5M,” pungkasnya.

Reporter          : Junaedi

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *