Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Sah! Koperasi Berbasis Bank Sampah Terbentuk di Kelurahan Babakan Bogor

39
×

Sah! Koperasi Berbasis Bank Sampah Terbentuk di Kelurahan Babakan Bogor

Sebarkan artikel ini
bank sampah
Kunjungan Sekretaris Menteri Koperasi dan UMKM ke Bank Sampah Unit Kenangan.

BOGOR, Kobra Post Online – BSU (Bank Sampah Unit) Kenanga Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, dikunjungi oleh Sekretaris Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM), Arif Rahman Hakim, pada Rabu (3/7) kemarin.

Sekretaris KemenKopUKM berkunjung ke BSU Kenanga untuk penguatan dan pegesahan atas terbentuknya badan hukum koperasi berbasis Lembaga Bank Sampah. Koperasi yang dibentuk diberinama Koperasi Mitra Kenanga Babakan.

Kedatangan Arif Rahman Hakim, didampingi Program Manager WWF Indonesia, Tri Agung, diterima langsung oleh Direktur BSU Kenanga, Abubakar, Ketua Koperasi Mitra Kenanga Babakan, Achmad Jali Lubis, Sekretaris Kelurahan Babakan, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Babakan, perwakilan dari mitra bank sampah, dan kelompok wanita tani.

Direktur BSU Kenanga, Abubakar mengatakan, BSU Kenanga telah mendapatkan legalitas badan hukum koperasi dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Serta WWF Indonesia secara konsisten mendampingi lembaga ini, agar dapat berkembang dan berkontribusi lebih baik.

Selain BSU Kenanga untuk Kota Bogor, KemenKopUKM juga telah memberikan legalitas kepada Bank Sampah Bersih Istiqomah, dan TPST Mutiara Bogor Raya atas dampingan dari WWF Indonesia.

bank sampah.
Sekretaris KemenKopUKM, Arif Rahman Hakim.
Baca juga: Singgah ke BSU Kenanga, Dedie A. Rachim Apresiasi Kegiatan Pilah Sampah

Sekretaris KemenKopUKM, Arif Rahman Hakim sangat mengapresiasi para pengelola sampah di Kota Bogor, dalam pemanfaatan limbah lingkungan yang bisa dikelola. Sehingga dapat menjadikan nilai lebih perekonomian.

Arif mengatakan, dengan diberikannya legalitas berbentuk badan hukum koperasi, diharapkan bank sampah bisa leluasa dalam mengelola badan usahanya. Juga dapat merasakan berbagai macam manfaat di antaranya mendapatkan keuntungan dari usaha bersama, mendapatkan pelayanan akses pembiayaan seperti simpan pinjam, kredit, dan asuransi tentunya dengan bunga lebih rendah.

Selain itu, kata Arif, akan mendapatkan pelatihan dan pendidikan untuk lebih meningkatkan pengetahuan serta keterampilan.

Baca juga: Sukseskan Bogor Bebas Sampah Plastik, BSU Kenanga Babakan Edukasi para Pelajar

Ia menyebutkan, koperasi adalah badan usaha atau badan hukum yang anggotanya saling bekerja sama dalam kegiatan ekonomi.

“Jadi, koperasi memiliki peran penting dalam memperkuat ketahanan ekonomi kerakyatan, dan memajukan kesejahteraan anggotanya melalui kerja sama serta gotong royong,” jelas Arif.

Baca juga: Bank Sampah Berkah Sejahtera Rawa Panjang Diapresiasi Bacaleg Demokrat

Sementara itu, Ketua Koperasi Mitra Kenanga Babakan, Achmad Jali Lubis menambahkan, dengan terbentuknya badan usaha koperasi, BSU Kenanga mempunyai legalitas yang berpayung hokum. Sehingga bisa lebih mudah memperoleh akses pembiayaan, kemitraan, dan pemasaran produk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *