PKBM Visi Anak Bangsa Selamatkan Generasi Muda Putus Sekolah

oleh -151 views
putus sekolah
Kegiatan PKBM Visi Anak Bangsa. (Foto : Dok. Eko)

BOGOR, Kobra Post Online – PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar) Visi Anak Bangsa adalah salah satu penyelenggara Program Pendidikan Kesetaraan Paket A hingga Paket C. PKBM yang berdiri sejak tahun 2005 ini telah menyelamatkan  generasi muda yang putus sekolah setara SD (Paket A), SMP (Paket B) dan SMA (Paket C).

“PKBM Visi Anak Bangsa berdiri pada 25 Juli 2005 dengan izin operasional SK. Nomor 421.10/119 Disdik 2006. PKBM Visi Anak Bangsa telah berhasil meluluskan siswa rata-rata 20-25 orang Paket C setiap tahunnya. Sasaran kami yaitu anak-anak yang tidak atau putus sekolah. Agar mereka mau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” kata Kepala PKBM Visi Anak Bangsa, Muhammad Sholihin kepada Kobra Post Online, Kamis (30/9/2021).

Sholihin menjelaskan, untuk menjaring siswa, pihaknya melakukan strategi dengan mendatangi langsung calon peserta didik ke rumahnya. Lalu memberi informasi tentang PKBM, serta motivasi agar calon siswa mau untuk bergabung belajar di PKBM.

“Kami juga melakukan kemitraan dengan RT/RW serta kelurahan setempat untuk pendataan anak-anak putus sekolah,” terangnya.

Muhammad Sholihin Kepala PKBM Visi Anak Bangsa

Biasanya, lanjut Sholihin, penyebab anak putus sekolah karena faktor ekonomi orang tua yang tidak mampu membiayai pendidikan anaknya.

“Ada juga karena motivasi untuk belajar dari anak itu sendiri yang kurang atau belum tumbuh. Karena mereka memilih bekerja dari pada melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ucapnya.

Kepala PKBM itu menambahkan, dalam melaksanakan program pendidikan paket tersebut tak jarang pihaknnya harus melakukan kunjungan ke rumah siswa. Hal itu untuk menjaga agar siswa tetap semangat belajar.

“Perhatian berkesinambungan terhadap siswa. Serta komunikasi yang intensif dengan keluarga siswa merupakan satu strategi yang mumpuni kami lakukan,” ungkapnya.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam SMK Citra Pariwisata Kota Bogor

Mengenai sumber pembiayaan PKBM, Sholihin menuturkan, pihaknya mendapatkan bantuan dari Pemerintah untuk anak-anak yang masih dalam usia sekolah. Sehingga anak putus sekolah bisa mengikuti pendidikan secara gratis. Selain itu, ada swadaya untuk peserta didik usia dewasa dan subsidi dari pihak yayasan PKBM Visi Anak Bangsa.

PKBM Visi Anak Bangsa bersekretariat di Kedung Badak Tanah Sareal. Sedangkan lokasi proses kegiatan belajar mengajar di Sukaresmi, tepatnya di gedung SMP Almunir, Jalan Tugu Wates RT 02/RW 01 Sukaresmi Tanah Sareal.

Reporter              : Eko Prayitno

Editor                    : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *