Cari Ikan Hias, Silahkan Ke Bogor Aquatic Center

oleh -142 views

BOGOR, Kobra Post Online – Pecinta ikan hias di kawasan Kota Bogor dan sekitarnya, kini ada Bogor Aquatic Center yang baru saja launching di Lantai 3 Blok F Pasar Kebon Kembang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa, (5/10/2021).

Para peternak dan petani ikan di sana menyajikan berbagai jenis ikan hias beserta perlengkapannya. Ini merupakan salah satu bentuk upaya Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor untuk menjembatani antara para peternak dengan konsumen.

Direktur Utama Perumda PPJ Kota Bogor, Muzakkir menjelaskan, ada sebanyak 53 kios yang tersedia di Bogor Aquatic Center. Saat ini sudah terisi semua oleh para penjual ikan hias.

Adanya Bogor Aquatic Center ini, sambung Muzakkir, masyarakat kini bisa lebih mudah untuk mengakses penjualan ikan hias, termasuk kebutuhan peralatan serta aksesoris akuarium.

“Harga di sini juga relatif murah. Kami telah monitor harga ikan hias jauh lebih murah dibandingkan di tempat lain. Harapannya kami mengajak masyarakat untuk berbelanja dan menghidupkan pasar ikan hias di Blok F ini,” kata Muzakkir.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim saat mengunjungi Bogor Aquatic Centre mengatakan, banyak petani ikan hias yang justru berasal dari wilayah luar kota.

“Dengan adanya pasar ikan hias di Kota Bogor ini, mereka memiliki kios. Apabila ada permintaan pasar melalui online apalagi same day delivery, maka jarak antara konsumen dengan pedagang itu lebih dekat,” jelas Dedie.

bogor aquatic center

Harus disadari memang, lanjut Dedie, hal seperti ini adalah yang diharapkan. Perlu adanya sentralisasi seperti di areal pasar dengan komoditi yang serupa. Dengan begitu maka memudahkan konsumen untuk mengakses.

“Demikian juga perusahaan-perusahaan pengiriman atau jasa kurir. Mereka tidak perlu jauh-jauh cari lokasi petani atau peternak ikan, tetapi langsung bisa dari Kota Bogor. Mau di kirim kemana saja, ke seluruh Indonesia bisa,” sahutnya.

Baca juga : Sentra Ikan Hias Terbesar Hadir di Blok F Pasar Kebon Kembang Bogor

Dedie mengajak masyarakat untuk datang ke Blok F Pasar Kebon Kembang melihat Bogor Aquatic Centre. Selain menyalurkan hobi, sekaligus untuk menggeliatkan perekonomian Kota Bogor lewat penjualan ikan hias.

“Tempatnya mudah di akses, ada di tengah kota. Lahan parkirnya luas, jika naik motor bisa langsung ke lantai 3, kalau pakai mobil ke lantai 2 naik satu tangga. Lokasinya cukup representatif, dan kita dorong jadi pasar ikan hias terbesar di Kota Bogor,” ajaknya.

Ketua DPRD Atang Trisnanto saat menghadiri peresmian Aquatic Center juga mengapresiasi Perumda Pakuan Pasar Jaya atas keberadaan sentra ikan hias terbesar itu.

“Kota Bogor sebagai kota transit antara Jawa Barat dan DKI Jakarta diibaratkan seperti Singapura. Sehingga mesti dimanfaatkan sebagai Kota Jasa dan Perdagangan. Upaya Perumda PPJ membuat Aquatic Center ini merupakan salah satu cara dari pemulihan ekonomi masyarakat,” katanya.

Asisten Daerah Bidang Perekonomian Kota Bogor Dody Achdiat juga menyampaikan apresiasi kepada Perumda PPJ.

“Ini merupakan terobosan dari Perumda PPJ dalam upaya pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19,” ujar Dody.

Dody mendorong Satuan Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bogor untuk mendukung terobosan Perumda PPJ yang telah membuka sentra ikan hias terbesar di Kota Bogor.

Reporter          : Eko Prayitno

Editor              : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *