Scroll untuk baca artikel
Sorot Desa

Pawai Dongdang Semarakkan HJB ke 541 di Cigudeg

999
×

Pawai Dongdang Semarakkan HJB ke 541 di Cigudeg

Sebarkan artikel ini
Pawai Dongdang Semarakkan HJB ke 541 di Cigudeg

BOGOR, Kobra Post Online – Pawai dongdang semarakkan peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 541 di Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor pada Kamis (3/6).

Puluhan dongdang dari 15 Desa di Kecamatan Cigudeg diusung oleh masyarakat. Selain dari 15 desa juga dari berbagai instansi yang ada di Cigudeg, seperti dongdang dari Kesehatan, Pendidikan dan juga UPT (Unit Pelaksana Teknis) Dinas.

Arak-arakan mengambil start dari PTPN menuju Kantor Kecamatan Cigudeg. Setelah diarak puluhan dongdang yang berisi hasil pertanian dan produk olahan makanan masyarakat desa ini langsung dibagi-bagikan kepada warga yang hadir dalam peringatan Hari Jadi Bogor.

Selain pawai dongdang, HJB ke 541 Kecamatan Cigudeg juga menampilkan atraksi seni tradisi yang ada di Cigudeg. Sebelumnya digelar upacara bersama yang dipimpin Camat Cigudeg, Pardi.

“Hari ini Hari Jadi Bogor, sudah selayaknya ulang tahun Bogor ini dirayakan bersama masyarakat. Seperti pawai dongdang berlangsung meriah, dan isinya pun kita bagi-bagikan kepada masyarakat,” kata Camat Cigudeg, Pardi kepada Kobra Post Online.

Dongdang HJB ke 541

Pardi menuturkan, dongdang yang diarak dinilai, dan peserta dengan penilaian terbaik akan mendapatkan hadiah. Untuk dondang terbaik pertama diraih oleh SMPN 1 Cigudeg, terbaik kedua Desa Batujajar, dan terbaik ketiga Desa Cigudeg.

“Kita juga membagikan doorprize kepada para peserta pawai dongdang,” ucapnya.

Lanjut Pardi, bahwa perayaaan baik hari besar Nasional, keagamaan, dan Hari Jadi Bogor akan terus dilaksanakan sesuai dengan kemampuan.

Dongdang terbaik HJB 541 di Cigudeg
Ketua Apdesi Cigudeg, Haji Ali menyambut gembira perayaan HJB yang berlangsung meriah itu. Menurutnya, pawai dongdang dan seni tradisi seperti pencak silat, dan seni-seni lainnya sangat menghibur.

“Hari Jadi Bogor adalah pestanya masyarakat. Kita berharap HJB tahun depan harus lebih meriah lagi,” harapnya.

Baca juga: Hidupkan kembali Tradisi Leluhur, Ciomas Rahayu Gelar Festival Dongdang

Nurdin Ruhendi salah satu anggota Karang Taruna Cigudeg berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bogor agar memberikan ruang kepada karang taruna untuk berekspresi. Sehingga generasi muda di Cigudeg akan berkontribusi banyak berekspresi mengembangkan bakat-bakatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *