Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Budayawan Gelar Kumbah Kujang Pusaka Jenis Ciung Mata 9

1433
×

Budayawan Gelar Kumbah Kujang Pusaka Jenis Ciung Mata 9

Sebarkan artikel ini
Budayawan Gelar Kumbah Kujang Pusaka Jenis Ciung Mata 9

BOGOR, Kobra Post Online – Sejumlah Budayawan di Kota Bogor melakukan prosesi Kumbah kujang pusaka yaitu Kujang Raja Jenis Ciung mata 9.

Prosesi Kumbah kujang ini mengawali kegiatan Kumbah Tugu Kujang dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke 541.

“Ya, tadi Jumat pagi di Tugu Kujang kita sudah melakukan prosesi Kumbah Kujang Pusaka yaitu Kujang Raja  Mata 9,” kata Ketua Panitia Kumbah Tugu Kujang, Tjetjep Thoriq yang dihubungi Kobra Post Online, Jumat malam (9/6).

Tjetjep menyebutkan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya kumbah Tugu Kujang kali ini menghadirkan Kujang Pusaka. Babakti kumbah Kujang Pusaka, sambungnya, adalah bubuka (pembuka) dimulainya kumbah Tugu Kujang yang akan berlangsung hingga 14 Juni 2023 mendatang.

“Kujang Raja yang dikumbah (dicuci) namanya SANGHYANG RAKSA BUANA,” terang Tjetjep.

Ia menjelaskan, dalam kumbah kujang pusaka dan pencucian Tugu Kujang ini, air yang digunakan berasal dari tiga sumber mata air yaitu Cidangiang, Cikahuripan, dan Cialengka.

Sementara itu,Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menuturkan, tradisi pencucian tugu kujang yang telah dimulai sejak tahun 1990 itu, merupakan agenda dari rangkaian memperingati HJB.

Dedie mengapresiasi para pelaku sejarah yang menginisiasi kegiatan ngumbah Tugu Kujang, sehingga tradisi yang baik ini perlu dilestarikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *