Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Bacawalkot Sendi Fardiansyah Sebut Ngumbah Tugu Kujang Harus Dilestarikan

37
×

Bacawalkot Sendi Fardiansyah Sebut Ngumbah Tugu Kujang Harus Dilestarikan

Sebarkan artikel ini
Dipandu Ketua Panitia Kumbah Tugu Kujang, Tjetjep Toriq, Bakal Calon Wali Kota Bogor, Sendi Fardiansyah ikut mencuci Kujang Raja Jenis Ciung Mata 9.

BOGOR, Kobra Post Online – Bakal Calon Wali Kota Bogor, Sendi Fardiansyah menilai tradisi ngumbah Tugu Kujang yang diadakan setiap tahun harus terus dilestarikan.

“Sebagai generasi muda saya merasa tradisi ngumbah Tugu Kujang patut dilestarikan, untuk menjaga nilai-nilai kebudayaan yang telah berlangsung selama ratusan tahun,” kata Sendi saat menghadiri prosesi ngumbah Tugu Kujang Rabu (12/6) lalu.

Ia mengatakan, prosesi ngumbah Tugu Kujang bukan semata menjaga kebersihan Tugu Kujang yang merupakan salah satu ikon Kota Bogor.

Namun, sambung Sendi,ngumbah Tugu Kujang memiliki makna yang lebih dalam. Yakni ada pesan pesan persatuan, perjuangan hingga keberagaman di dalamnya.

Baca juga: Ngumbah Tugu Kujang Tradisi Tahunan di Kota Bogor

Sementara itu, Ketua Panitia Kumbah Tugu Kujang Tjetjep Toriq menepis anggapan bahwa ngumbah Tugu Kujang kali ini berbau politis.

“Sebetulnya, saya selaku Panitia ngumbah Tugu Kujang sudah mengundang semua Bakal Calon Wali Kota Bogor untuk bisa hadir dalam pembukaan ngumbah Tuga Kujang,” tandasnya.

Lalu kenapa semua bakal calon wali kota diundang, kata Tjetjep, karena menurutnya Tugu Kujang milik semua warga Bogor.

“Jadi nanti yang terpilih jadi wali kota maupun yang tidak terpilih pun harus memilikinya. “Sabanda Sariksa” artinya yang punya semuanya. Jadi, kalau kita merasa punya barang, mari kita pelihara,” ajak Tjetjep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *