Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Ngumbah Tugu Kujang Tradisi Tahunan di Kota Bogor

50
×

Ngumbah Tugu Kujang Tradisi Tahunan di Kota Bogor

Sebarkan artikel ini
Tugu Kujang saat dicuci.

BOGOR, Kobra Post Online – Ngumbah atau mencuci Tugu Kujang yang berlokasi di Jalan Pajajaran dan Jalan Otto Iskandar Dinata menjadi tradisi tahunan di Kota Bogor.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Bogor setiap bulan Juni. Tradisi ngumbah Tugu Kujang sudah dimulai sejak Rabu (12/6) kemarin.

Ketua Panitia Ngumbah Tugu Kujang, Tjetjep Thoriq menjelaskan, bahwa tradisi ngumbah Tugu Kujang sebagaii bentuk komitmen, dan perhatian warga terhadap Tugu Kujang yang telah menjadi ikon Kota Bogor selama puluhan tahun.

“Kegiatan ngumbah Tugu Kujang ini sudah berlangsung sejak 1990. Ngumbah Tugu Kujang juga menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor (HJB),” jelas Tjetjep kepada Kobra Post Online, Kamis (13/6).

Dalam kegiatan pembukaan, sejumlah budayawan di Kota Bogor melakukan prosesi kumbah kujang pusaka, Kujang Raja jenis ciung mata 9.

Staf Ahli Wali Kota Bogor, Dadang Suguarta simbolis mencuci Kujang jenis Ciung Mata 9 mengawali pembukaan Kumbah Tugu Kujang.
Baca juga: Banjir Pendaftar, PPDB SDN Gunung Batu 2 Targetkan 4 Rombel

Tjetjep menyebutkan, mengawali dimulainya ngumbah Tugu Kujang, Kujang jenis ciung mata 9 juga turut di kumbah. 

Tjetjep menerangkan, rangkaian tradisi Ngumbah Tugu Kujang sudah dimulai sejak Selasa (11/6/2024). Di awali dengan kegiatan pengambilan air pencucian dari tiga sumber mata air.

Ketiga sumber mata air itu yakni Cidangiang di pinggir Mall Botani Square, Cialengka di belakang Hotel Amarossa, dan Cikahuripan di Kebun Raya Bogor. Setelah dikumpulkan air ini selanjutnya disatukan dalam acara babakti diselenggarakan pada Selasa (11/6) malam. Setelah disatukan air itu dipakai untuk prosesi pencucian kujang.

Tugu Kujang akan dicuci selama empat hari hingga tanggal 16 Juni 2024 mendatang. Setiap harinya tidak kurang dari 20 personel gabungan yang memanjat Tugu Kujang untuk mencuci bagian atas, tengah, dan bawah secara bergantian.

Baca juga: Satpol PP dan Pengamen Jalanan Kerap Berseteru Kini Bersatu

Tjetjep berharap tradisi ini menggugah pemerintah dan generasi muda untuk memberikan perhatian pada Tugu Kujang, yang menurutnya kini kondisinya telah mengkhawatirkan.

Tugu Kujang dibangun dimasa Walikotamadya Bogor, Achmad Sobana.

Sekilas tentang Tugu Kujang

Tugu Kujang adalah sebuah tugu yang merupakan ikon kota Bogor. Bentuknya menyerupai sebuah kujang, yakni senjata pusaka masyarakat Sunda.

Tugu Kujang dibangun pada 4 Mei 1982 pada masa pemerintahan Walikotamadya Bogor, Achmad Sobana, dengan biaya pembangunan mencapai 80 juta. Diperkirakan Tugu Kujang tingginya sekitar 25 meter dari permukaan tanah seluas 26 meter kali 23 meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *