Kapankah HJB Ditetapkan?

oleh -2.314 views
Gedung Merdeka
Gedung Merdeka

Gedung Merdeka Saksi Sejarah Sidang Paripurna Pertama Hari Jadi Bogor 

BOGOR, Kobrapostonline.com – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke 537, Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Bogor kembali akan menggelar Sidang Paripurna Istimewa DPRD, di Gedung DPRD Kota Bogor yang baru Tanah Sareal Kota Bogor pada Rabu (12/6/2019). 

Biasanya sidang paripurna Istimewa memperingati HJB diadakan tepat pada tanggal 3 Juni. Namun untuk tahun ini tidak dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2019, karena bertepatan menjelang Idul Fitri 1440. Seperti tahun-tahun sebelumnya kegiatan rutin tahunan ini akan diisi dengan pembacaan pantun pacilong dan pembacaan uraian singkat Sejarah Bogor. 

Lalu kapankah sidang paripurna DPRD memperingati HJB pertama kali diadakan? Di dalam bukunya yang nyaris telah legendaris “Sejarah Bogor”,  Saleh Danasasmita menulis bahwa “Hari jadi dalam kaitan apa pun juga, menyangkut masalah identitas.”

Suatu Pemerintahan Daerah yang berkedudukan otonom merupakan suatu pribadi dalam jaringan pemerintah Negara kita. Itulah sebabnya penetapan hari jadi apakah sebuah negara atau kota senantiasa akan dikaji dari berbagai aspek. Baik dari aspek kesejarahan, arkeologis, kebudayaan dan berbagai pertimbangan lain yang mendukung serta memperkuat jati diri dan identitasnya.

Uraian dan kajian tentang Hari Jadi Bogor diabadikan dalam buku tersebut. Menempati halaman Lampiran Khusus dengan judul Sekitar Hari Jadi Bogor.

Saleh Danasasmita adalah sosok yang sangat erat kaitannya dengan kajian kapan jatuhnya hari jadi Bogor tersebut. Bagaimana pun dalam hal ini Saleh tak hanya menguasai sejarah Sunda Pajajaran, ia pun sekaligus nenguasai epigrafi, naskah-naskah Sunda Buhun. Sekaligus budayawan dan PNS yang menjabat Kasi Kebudayaan di lingkungan Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kodya Bogor.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *