Kades Curug Bitung Minta Pejabat Pemkab dan DPRD Kunjungi Korban Longsor

oleh -984 views
Longsor di Desa Curug Bitung Kecamatan Nanggung
Salah satu warga saat menunjukan lokasi longsor (Foto : Andres)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Duka masyarakat Bogor bagian barat belum usai, masih banyak wilayah yang terkena longsor dan menghancurkan rumah warga tapi belum banyak khalayak mengetahuinya. Salah satunya, di Desa Curug Bitung Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor.

Kepala Desa (Kades) Curug Bitung, Engkos mengatakan, seluruh warga yang rumahnya terkena longsor dan tanah bergerak mengungsi di aula kantor desa. Dirinya pun ikut membantu mengevakuasi para korban saat itu.

“Sementara ini ada dua korban jiwa, yakni Zaenudin(30) dan Idrus (65). Dimana yang satu tertimbun di dalam mobil dan satu lagi di rumahnya. Korban langsung dievakuasi oleh warga di bantu Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor. Keduanya merupakan warga Kampung Cibeubeur Kulon dan dimakamkan oleh pihak keluarga,” kata Engkos, saat ditemui dikantornya, Jum’at (24/012020).

Sejak terkena longsor, lanjut Kades itu, para pengungsi selalu mendapatkan kiriman bantuan, baik itu dari masyarakat dalam maupun luar Bogor serta Pemerintah Pusat.

Adapun wilayah yang terkena longsor di Kampung Penggunaan, Sipandan dan Gunung Sali yang merupakan RW 14 Desa Curug Bitung dengan jumlah warga sekitar 151 jiwa dari 43 Kepala Keluarga (KK).

Sedangkan dari batas desa ada 20 titik yang terdampak longsor, semua sudah ditangani oleh BPBD Kabupaten Bogor dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Alhamdulillah sudah banyak bantuan yang masuk, seperti sekolah, komunitas dan masyarakat. Sedangkan Bupati belum pernah datang, tapi hanya memberikan berbagai bantuan alat berat untuk pembukaan jalan yang terdampak longsor,” ungkapnya.

Engkos menambahkan, pemerintah berencana akan mempersiapkan relokasi sebagai bentuk kepedulian terhadap 43 Kepala Keluarga yang rumahnya hancur terkena longsor.

“Relokasi sudah pasti, ada juga bantuan dari pusat melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), yakni berupa rumah tunggu sekitar 30 rumah dan mendapat uang tunggu sebesar Rp.500.000. Kalau yang rusak ringan hanya mendapat bantuan berupa beras setiap bulan selama perbaikan,” lanjut Engkos.

Baca juga : Bupati Sukabumi Tinjau Lokasi Bencana Puting Beliung

Terakhir Kades Curug Bitung berharap, agar para pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan anggota DPRD Kabupaten Bogor dapat meluangkan waktunya untuk menjenguk para pengungsi di desanya.

“Saya berharap dari tim tanggap darurat baik Pemkab Bogor maupun Pusat, segera untuk merekonstruksi, termasuk fasilitas umum yang rusak berat. Cobalah para pejabat Kabupaten Bogor dan DPRD untuk meninjau langsung para pengungsi dilokasi,” pungkasnya.

Reporter : Andres

Editor : Agus P.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *