Dari Emak-Emak Jemput Sampah, Hingga RT Bebas Sampah Plastik

Dari Emak-Emak Jemput Sampah, Hingga RT Bebas Sampah Plastik 1
Emak-emak jemput sampah (Kiri) Drop Box tempat menyimpan sampah plastik (kanan). (Foto: Dok. Yaso-kobrapostonline.com).

BOGOR, Kobra Post Online – Warga Bagunde (Babakan Gunung Gede) RT 01 RW 01 Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, tak pernah berhenti berbenah menata wilayahnya. Berbagai program dan inovasi diluncurkan untuk mewujudkan wilayah RT Bebas Sampah di Kota Bogor.

Ketua RT 01 RW 01 Kekurahan Babakan, Dody Rachman menuturkan,wilayah RT 01 dicanangkan sebagai RT bersih, berawal dari emak-emak peduli sampah, dimana kaum ibu yang tergabung dalam Dasawisma PKK ini setiap hari menjemput sampah dari rumah-rumah penduduk.

“Sampah organik dimanfaatkan untuk makanan maggot. Sedangkan sampah non organik, ditabung di Bank Sampah Unit (BSU) Kenanga, Lalu, dipilah hingga menghasilkan uang,” kata Dody kepada Kobra Post Online, Senin (7/11).

Baca juga: Penilai BogorKu Bersih Apresiasi RT 01 RW 01 Babakan Bebas Sampah Plastik

Direktur BSU Kenanga, Abubakar menambahkan, sampah yang dikumpulkan warga bisa digunakan untuk membayar iuran BPJS, rekening tagihan listrik, PDAM, pembelian gas 3 Kg dan mengisi pulsa.  “Jadi disini sampah menjadi alat bayar,” kata Abubakar yang juga menjabat Ketua RW 01 Kelurahan Babakan, Bogor Tengah.

Tak hanya itu, Abubakar sang Direktur BSU Kenanga ini kerap kali diundang menjadi nara sumber atau pembicara mengenai pengolaan sampah. Selain itu, dia juga diminta memberikan edukasi ke sekolah-sekolah yang ada di Babakan. “Iya saya sering mendapat undangan menjadi nara sumber terakait  pengelolaan sampah, dan diminta memberikan edukasi kepada para pelajar. Anak-anak PAUD Al Faqih sudah menjadi nasabah BSU Kenanga, dan SMP Negeri 20 sudah meluncurkan sedekah sampah dan minyak jelantah,” terangnya.