Situs Batu Kujang dan Batu Gores Simbol Pusaka Prabu Siliwangi

oleh -2.783 views
situs

SUKABUMI, Kobrapostonline.com – Situs Megalitikum Batu Kujang dan Batu Gores merupakan salah satu situs megalitik peninggalan sejarah yang berada di Sukabumi tepatnya di Kampung Tenjolaya Girang RT 04 RW 05 Desa Cisaat Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Abah Uci sebagai kuncen pada situs itu mengatakan bahwa, selain terdapat tumpukan bebatuan datar, ada pula batuan yang menyerupai senjata pada masa Prabu Siliwangi Raja Pajajaran yakni Kujang.

situs

Batuan yang berdiri tegak ini terlihat unik serta membuat banyak orang penasaran. Situs Batu Kujang dan Batu Gores ini merupakan simbol dari pusaka Raja Pajajaran Prabu Siliwangi serta putranya Raden Kiansantang,” pungkasnya saat ditemui Kobrapostonline, Selasa (13/08/2019).

Baca juga : Polsek Ciampea Lakukan Sidak Terhadap Pengepul Kulit Hewan

situs

Kakek tua yang sudah menetap sejak 1945 itu menambahkan, situs tersebut diperkirakan sudah berumur 600 abad. Sebelumnya warga setempat tidak ada yang mengetahui keberadaan situs ini.

situs
Abah Uci Kuncen Situs Megalitikum Batu Kujang dan Batu Gores

“Alhamdulillah, kini sudah banyak yang mengetahui dan datang kesini. Saya berharap tempat ini semakin ramai pengunjung, agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Reporter : Yusup S. (Chuba)

Editor : Agus P.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *