Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Puskesmas Rancabungur Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

43
×

Puskesmas Rancabungur Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Sebarkan artikel ini
Pemeriksaan kesehatan gratis oleh Puskesmas Rancabungur. (Foto: Dok. Junaedi).

BOGOR, Kobra Post Online – Puskesmas Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, kembali menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis untuk masyarakat pengguna BPJS.

Pengelola Prolanis Puskesmas Rancabungur, Bidan Widi Dwi Widiastuti mengatakan, puskesmas mengadakan lab enam bulanan bagi anggota program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis). Dengan tujuan, untuk meningkatkan kualitas hidup para peserta jaminan kesehatan nasional.

“Jadi, kita saring yang memiliki penyakit diabetes dan hipertensi, setelah itu kita kelola di puskesmas dengan baik. Selain itu, ada beberapa kegiatan lainnya, yaitu senam, cek tensi, pemeriksaan gula darah sewaktu, dan lab terramedika,” kata Widi kepada Kobra Post Online di puskesmas setempat, Selasa (25/6).

Lanjut Widi, dalam pemeriksaan kesehatan ini diikuti sekitar 150 peserta BPJS. Sedangkan untuk hasil lab, sambungnya, akan keluar maksimal enam hari seusai pelaksanaan.

“Kebetulan, hari ini kita mengadakan pemeriksaan pap smear juga, yaitu deteksi untuk kanker serviks. Jadi yang masih produktif atau yang masih aktif berhubungan seksual, kita arahkan untuk pemeriksaan pap smear ini,” ujarnya.

Baca juga: Usai Reakreditasi, Puskesmas Rancabungur Berkomitmen Berikan Pelayanan Prima

Menurutnya, setelah beberapa kali dilakukan pemeriksaan pap smear oleh Puskesmas Rancabungur, belum ditemukannya pengidap kanker serviks.

“Alhamdulillah sejauh ini belum ditemukan warga yang mengidap kanker serviks. Jadi kegiatan pap smear ini bertujuan untuk mendeteksi dini,” ucap Widi.

Bidan Widi mengimbau agar masyarakat tetap menjaga pola hidup yang sehat, pola gizi seimbang, aktivitas fisik, kelola stres, dan kelola makan serta minuman yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *