Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Puskesmas Rancabungur, Deteksi Dini Kanker Rahim dan Pemeriksaan Payudara

544
×

Puskesmas Rancabungur, Deteksi Dini Kanker Rahim dan Pemeriksaan Payudara

Sebarkan artikel ini
puskes.
Pemeriksaan awal. (Foto: Dok. Junaedi-kobrapostonline.com).

BOGOR, Kobra Post Online – Guna mendeteksi dini kanker rahim Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, menggelar Pemeriksaan Iva Test. Selain itu juga Sadanis, Safari IUD dan Implant.

Kepala Puskesmas Rancabungur, dr. Sonia Sari menjelaskan, Iva Test dilakukan guna deteksi dini penyakit kanker. Iva Test ini merupakan deteksi dini kanker rahim. Sedangkan Sadanis merupakan pemeriksaan payudara klinis oleh tenaga medis.

“Jangan sampai ada kasus baru bergerak. Jadi misalkan tidak mempunyai gejala kearah sana, tidak ada riwayat dari keluarga sakit kanker itu tidak jadi masalah. Lebih baik mendeteksi secara dini daripada setelah parah,” kata dr. Sonia kepada Kobra Post Online di Puskesmas Rancabungur, Senin (31/7).

dr. Sonia menyebutkan, yang beresiko terkena kanker yaitu usia-usia produktif. Ia menambahkan, selain Sadanis, ada juga Sadari yaitu pemeriksaan payudara sendiri di rumah, yang nantinya akan diajarkan oleh tenaga medis Puskesmas Rancabungur.

“Untuk deteksi kanker payudara (Carcinoma mammae), ini juga prevelensi tinggi di Indonesia untuk wanita,” ungkapnya.

Baca juga: Apa Itu Rabies dan Bagaimana Mengatasinya?

Ia menerangkan, pemeriksaan ini di Kabupaten Bogor dilakukan dibeberapa tempat, namun tidak semua. Puskesmas Rancabungur termasuk yang melaksanakan pemeriksaan ini.

“Jadwalnya telah dibagi-bagi tapi tidak serempak dalam satu hari ini. Dalam pemeriksaan ini juga, ada kegiatan pemasangan Implant dan IUD. Jadi ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan bersamaan,” terangnya.

dr. Sonia menjelaskan, Puskesmas Rancabungur telah memiliki tenaga medis yang sudah terlatih untuk pemeriksaan Iva Test. Jika warga yang ingin melakukan pemeriksaan dipersilahkan untuk datang ke puskesmas.

“Namun untuk Iva Test ini memerlukan tenaga terlatih, itu akan kami jadwalkan. Sedangkan untuk Sadanis silahkan datang kapan saja. Bahkan datang untuk konseling pun silahkan,” jelasnya.

Menurut dr. Sonia, pemeriksaan ini dilakukan secara gratis, baik peserta BPJS, non BPJS, bahkan diluar wilayah dipersilahkan untuk datang.

“Wilayah kerja kita meliputi tiga desa, yaitu Desa Rancabungur, Desa Mekarsari dan Desa Candali. Jika diluar wilayah ada yang mau dilakukan pemeriksaan kami persilahkan. Karena disediakan juga bahannya kami tinggal pelaksanaan,” bebernya.

Baca juga: Puskesmas Cigudeg Siaga 24 Jam Selama Libur Lebaran

Ia menghimbau agar tidak menunggu adanya keluhan atau ada gejala, pemeriksaan sedari dini itu lebih penting. Dan bagi yang sudah ada gejala jangan malu untuk konseling, konsultasi dan pemeriksaan kepada tenaga medis.

“Untuk kedepannya seperti apa kan belum tahu, jika belum diperiksakan jadi tidak tahu. Kalau misalkan ada yang perlu dirujuk kita kan atas indikasi medis, melihat juga masih bisa ditangani atau tidak. Jadi lebih menyadari dengan kesehatan diri sendiri terhadap wanita,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *