Scroll untuk baca artikel
Sorot Desa

Program Samisade Parakan Muncang Nanggung Jawab Keluhan Warga Soal Banjir

585
×

Program Samisade Parakan Muncang Nanggung Jawab Keluhan Warga Soal Banjir

Sebarkan artikel ini
Pembangunan drainase untuk mengatasi persoalan banjir.

BOGOR, Kobra Post Online – Guna mengatasi persoalan banjir yang kerap terjadi di Kampung Pasir Ahad RW 07, Desa Parakan Muncang, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Pemerintah Desa setempat membangun drainase dan TPT (Tembok Penahan Tanah).

“Drainase dan TPT kita bangun sepanjang 845 meter di Kampung Pasir Ahad RW 07, lokasinya berada di dua RT yaitu RT 01 dan RT 02,” kata Kepala Desa Parakan Muncang, Mauludin kepada Kobra Post Online, Jumat (21/7) lalu.

Adapun anggarannya, lanjut Mauludin, dari bantuan keuangan infrastruktur desa, Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang digelontorkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Tahap pertama Samisade tahun 2923 sudah cair sebesar Rp600 juta. Selain diperuntukan untuk membangun drainase dan TPT, anggaran sebesar Rp600 juta itu, untuk hotmix dan betonisasi jalan di lokasi yang sama yaitu Kampung Pasir Ahad RW 07,” ungkap Mauludin.

pasir muncang.
Pekerjaan drainase dan TPT di Desa Parakan Muncang, Kecamatan Nanggung.
Baca juga: Desa Parakan Muncang Nanggung Rehab Kantor Desa

Dia mengatakan program Samisade yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Bogor banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Alhamdulillah dengan program Samisade kami bisa menjawab keluhan warga. Drainase dan TPT yang kita bangun adalah menjawab keluhan warga karena wilayahnya sering dilanda banjir,” ucapnya.

Kades Parakan Muncang itu berharap bantuan keuangan infrastruktur desa ini bisa terus berlanjut  untuk mempercepat pembangunan di desa.

“Kami masih butuh anggaran untuk mempercepat pembangunan di desa kami. Kalau memungkinkan kedepannya peruntukan Samisade diperluas tidak hanya infrastruktur juga yang lainnya,” harapnya.

Baca juga: BLT Dana Desa Batutulis Nanggung Sudah Terserap 15 Persen

Ketua TPK Parakan Muncang, Nanang Qusyaeri menambahkan, bahwa pembangunan drainase dan TPT merupakan program prioritas untuk mengatasi persoalan banjir di Kampung Ahad 07. “Untuk  pekerjaan pembangunan TPT dan Drainase ini kita libatkan warga setempat,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *