Scroll untuk baca artikel
Nasional

Polwan Cantik yang Piawai Berbahasa Isyarat

37
×

Polwan Cantik yang Piawai Berbahasa Isyarat

Sebarkan artikel ini
polwan
Polwan Polresta Banyumas, Brigadir Yuvina Lusiana Dewi.

BOGOR, Kobra Post Online – Ada yang menarik dari pelaksanaan kegiatan Police Goes to School Polresta Banyumas di Sekolah Luar Biasa (SLB) B Yakut Purwokerto pada Jumat (14/6/24).

Pasalnya, dalam kegiatan tersebut ada seorang polisi wanita (Polwan) yang sangat piawai menggunakan bahasa isyarat.

Ia adalah Brigadir Yuvina Lusiana Dewi. Polwan berusia 27 tahun asal Polresta Banyumas, Polda Jateng. Ia nampak piawai menggunakan bahasa isyarat ketika berkomunikasi dengan anak-anak tuna rungu, untuk menyampaikan materi tentang rambu-rambu lalu lintas dan tata cara aman bersekolah.

Polwan yang sehari-hari bertugas di fungsi Sat Binmas Polresta Banyumas ini tertarik dengan bahasa isyarat karena suka belajar berbagai bahasa. Sebelumnya, Brigadir Yuvina telah menguasai dua bahasa asing yaitu bahasa Inggris dan Perancis.

“Awalnya saya memang suka belajar bahasa asing, kemudian saya berusaha belajar dan mendalami bahasa isyarat dengan guru SLB sejak bulan Desember tahun 2022 lalu hingga sekarang,” ungkap Yuvina dalam rilis yang diterima Kobra Post Online, Sabtu (15/6).

Polwan.
Baca juga: Polwan Polres Bogor Berbagi Jumat Berkah

Menurut Yuvina, Polresta Banyumas dengan SLB B Yakut Purwokerto memang telah menjalin komunikasi yang baik. Dan sering berkegiatan bersama untuk memberikan penyuluhan kepada siswa siswi SLB.

Yuvina mengaku bersyukur ketika diberi kesempatan secara rutin untuk dapat bertatap muka berbagi ilmu, dan pengetahuan di sekolah tersebut.

“Dengan belajar bahasa isyarat, tentunya hal ini dapat meningkatkan rasa syukur saya ketika bersama-sama dengan anak-anak disabilitas yang luar biasa hebat, meskipun memiliki keterbatasan,” sambungnya.

Dia juga berharap anak-anak disabilitas khususnya penderita tuna rungu memiliki semangat untuk terus berkarya, berprestasi, tidak berkecil hati dan optimis menggapai cita-cita meskipun memiliki keterbatasan.

Baca juga: Hadirkan Habib Luthfi, Polri Bersama PMPI Gelar Dialog Kebangsaan

Sementara itu, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Edy Suranta Sitepu melalui Kasi Humas, AKP Siti Nurhayati mengatakan bahwa ketrampilan bahasa isyarat yang dimiliki Brigadir Yuvina ini menjadi kebanggan institusi Polresta Banyumas. Karena merupakan nilai plus personil Polwan untuk dapat bermanfaat bagi sesama.

Selain itu, kemampuan bahasa isyarat juga merupakan salah satu implementasi road map program prioritas Kapolri untuk transformasi menuju Polri yang Presisi. Yakni membangun sarana prasarana yang berorientasi pada HAM dan kelompok rentan.

“Dengan keterampilan menggunakan bahasa isyarat yang dimiliki Bripda Yuvina, tentunya akan sangat berguna bagi disabilitas tuna rungu dan tunawicara untuk memperoleh informasi,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *