Pemkot Bogor Siapkan Lahan Pemakaman Korban Covid-19

oleh -1.014 views
Lahan Pemakaman

BOGOR, Kobrapostonline.com – Pemerintah Kota Bogor menyiapkan lahan pemakaman seluas 200 meter persegi bagi warga Kota Bogor yang meninggal dunia akibat terinfeksi virus Corona (Covid-19). Lahan tersebut berlokasi di TPU (Tempat Pemakanan Umum) Kayumanis Kampung Munjul Kelurahan Kayumanis Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemakanan Kota Bogor, H. Toto Guntoro mengatakan, lahan seluas 200 meter diarea TPU itu mampu menampung sekitar 40 makam.

“Kita bersama Pak Lurah Kayumanis sudah mensosialisasikan kepada warga sekitar TPU, untuk tidak perlu khawatir terkait lokasi khusus pemakaman tersebut. Karena jenazah yang dikuburkan sudah steril,” ujar Toto yang dihubungi Kobrapostonline melalui ponselnya, Selasa (31/03/2020).

Terkait dengan prosedur pemakaman jenazah, Toto mengatakan, pihaknya sudah  berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor.

“Jadi, saat penguburan jenazah, petugas gali kubur sudah dilengkapi APD, dan ada aturan lainnya yang sudah ditentukan oleh tim gugus tugas Covid-19,” paparnya.  

Lanjut Kepala UPTD, lahan seluas 200 meter persegi itu, lokasinya terpisah dari pemakaman umum. Menurutnya, ada beberapa protokol penguburan jenazah pasien Covid-19. Seperti lokasinya harus berjarak 50 meter dari sumber air tanah yang digunakan untuk air minum dan berjarak sekitar 500 meter dari pemukiman warga.

Baca juga : Kota Bogor Siap Berlakukan Pembatasan Skala Besar

“Lalu, jenazah harus dikubur pada kedalaman 1,5 meter, kemudian ditutupi dengan tanah setinggi satu meter. Tak hanya itu, jenazah juga harus dibungkus plastik sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus tersebut,” jelas Toto.

Reporter          : Mahmudin Nurdin (Didin)

Editor              : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *