Pemkab Bogor Siapkan Program Samisade

oleh -467 views
Samisade
Bupati Bogor Ade Yasin saat menghadiri Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Pamijahan. (Foto : Dok. Pemkab Bogor)

BOGOR, Kobra Post Online – Untuk meningkatkan pembangunan desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor siapkan program Satu Milyar Satu Desa (Samisade).

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, Samisade ini difokuskan untuk pembangunan infrastruktur desa. Seperti akses pariwisata, ekonomi, perbatasan desa, kesehatan, pendidikan sampai akses pusat pemerintahan.

“Dengan Samisade, kita bisa memfasilitasi masyarakat dengan aksesibilitas yang bagus. Seperti membuat tower untuk daerah yang blank spot, sehingga sinyal telepon selular dapat diterima. Selain itu, untuk kepentingan pengairan, MCK, dan infrastruktur lainnya,” kata Ade saat menghadiri Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Pamijahan, Rabu (06/04/2021).

Ade Yasin menjelaskan, program ini berjalan setiap tahun, bukan hanya satu periode. Oleh karena itu, ia berharap agar pemerintah desa dapat memanfaatkannya secara maksimal.

“Untuk Kecamatan Pamijahan, baru ada 10 desa yang sudah mengajukan anggaran program ini, itupun nilainya kecil-kecil. Sisanya ada 5 desa yang belum mengajukan. Sedangkan yang sudah memanfaatkannya hanya 4 desa dari 10 desa,” jelasnya.

Menurut Bupati, selama masa pandemi ini, Anggaran Dana Desa (ADD) lebih berfokus pada bantuan sosial covid-19. Adanya program ini agar desa tetap bisa membangun.

“Kalau kepala desa tidak membangun, maka masyarakatnya akan kecewa. Bisa-bisa pada periode berikutnya teu kapilih deui (tidak terpilih lagi-red),” ujar Ade.

Baca juga : Kecamatan Leuwisadeng Gelar Pra Musrenbang 2021

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Muhammad Romli menuturkan bahwa setiap pembangunan dimulai dari perencanaan melalui Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa.

“Tidak akan ada pembangunan yang nyelonong lewat apapun. Karena dasarnya melalui Musrenbang desa, tuturnya.

Oleh karenanya, lanjut Romli, Kepala Desa harus senantiasa memasukkan seluruh program pembangunannya, baik itu yang sudah teranggarkan maupun yang belum. Sehingga dalam masa periodenya, para kepala desa atau lurah dapat melihat mana yang sudah dan belum.

Turut hadir dalam acara Boling tersebut, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Forkopimda, Camat Pamijahan, para kepala desa, serta para tamu undangan lainnya.

Reporter          : Iful Saepulloh

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *