Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Musala Baitul Muttaqin Gelar Haul dan Murak Tumpeng

1168
×

Musala Baitul Muttaqin Gelar Haul dan Murak Tumpeng

Sebarkan artikel ini
Musala Baitul Muttaqin

BOGOR, Kobra Post Online – Menyambut datangnya bulan suci Ramadan, jamaah Musala Baitul Muttaqin Cemplang Baru RW 11 Kelurahan Cilendek Barat Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor menggelar haul hingga Murak Tumpeng di musala setempat, Sabtu (18/3) malam lalu.

Ketua Dewan Kemakmuran Musala (DKM) Baitul Muttaqin, Acep Susanto mengatakan, kegiatan haul ini menjadi tradisi menjelang Ramadan.

“Tujuannya untuk mendoakan almarhum dan almarhumah yang sudah meninggal dunia, khususnya jamaah Musala Baitul Muttaqin. Karena tidak sedikit jamaah kita sudah meninggal dunia termasuk pengurus DKM,” ungkapnya.

Selain haul, lanjutnya, juga ada doa bersama sekaligus penutupan sementara pengajian rutin setiap malam Minggu.

“Jadi, selama bulan Ramadan tidak ada pengajian, namun penggantinya adalah Tausyiah atau kuliah tujuh menit (kultum) pada saat salat tarawih,” terangnya.

Baca juga: Sambut Ramadan, Warga Gelar Haul dan Murak Tumpeng
Haul

Lanjut Acep, kegiatan haul dan doa bersama ditutup dengan cucurak atau makan bersama yang dilakukan dengan cara murak tumpeng, yakni makan bareng dengan menu yang disajikan nasi tumpeng lengkap berserta lauk pauknya. Seperti diketahui, sambungnya, cucurak menjadi tradisi menjelang Ramadan.

“Tradisi Cucurak sebagai bentuk rasa syukur, karena kita dapat dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *