Mengulik Asal Usul Nama Jasinga

oleh -5.964 views
Tugu Jasinga
Tugu Jasinga

Kobrapostonline.com Mengulik Asal Usul Nama Jasinga. Jasinga merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor  yang berbatasan langsung dengan provinsi Banten. Batas sebelah Selatan terletak di kampung Cigelung, Tengah kampung Cisarua, dan Utara Desa Tarisi.  Lalu dari manakah asal usul nama Jasinga?.

Sebuah naskah lama berjudul Pustaka Rajyarajya I Bhumi Nusantara (Kitab Kerajaan-kerajaan di Nusantara) yang disusun oleh Pangeran Wangsakerta, antara 1677-1698, menerangkan bahwa sebelum kerajaan Tarumanagara muncul, ada beberapa kerajaan lain di Tanah Pasundan. Dua terbesar di antaranya Salakanagara dan Jayasinghapura. Selain itu ada juga kerajaan Agrabinta dan Hujungkulwan. Nama Agrabinta tampaknya masih tertinggal pada nama yang sama di Cianjur Selatan.

Sedangkan Jayasinghapura besar kemungkinan sekarang ini adalah Jasinga, sebuah kawasan di sebelah barat Bogor. Pada masa lalu, Jasinga meliputi batas-batas Sajira di sebelah Barat, Tangerang di sebelah Utara, Bayah di sebelah Selatan dan Cikaniki di sebelah Timur. Seiring waktu, Jasinga kini meliputi daerah Cigudeg, Tenjo, Nanggung, Parungpanjang dan Jasinga sebagai titik pusatnya.

Orang-orang tua dulu menyebut Jasinga Bogor-Banten. Bahkan juru pantun terkenal Sunda yaitu Aki Buyut Baju Rambeng berasal dari daerah Bogor-Banten atau yang tinggal di daerah Pegunungan Tonggoheun (sebelah atas) Jasinga. Disebut Bogor-Banten karena posisinya berbatasan langsung dengan wilayah Banten.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *