Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Kamu Wajib Tahu, Inilah 4 Jenis Kabel Charger HP

16765
×

Kamu Wajib Tahu, Inilah 4 Jenis Kabel Charger HP

Sebarkan artikel ini
kabel charger

Kobra Post Online – Charger hp memiliki peranan sangat penting dan tidak dapat terpisahkan dari perangkat handphone. Sebab, daya pada ponsel bergantung pada kabel satu ini. Hal ini membuat macam-macam jenis charger hp cukup beragam. Di mana, setiap keluaran terbaru akan selalu disesuaikan dengan fungsi masing-masing.

4 Jenis Kabel Charger Berikut Fungsinya

Kabel charger atau disebut konektor charger hp pada umumnya terbagi menjadi 4 jenis sesuai dengan merk hp. Kabel charger tidak hanya berfungsi untuk mengalirkan daya listrik dalam mengisi baterai. Selain itu, kabel ini juga dapat berfungsi untuk mentransfer data dari perangkat hp ke laptop ataupun sebaliknya.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis dan fungsi pada masing-masing kabel charger. Anda dapat menyimaknya dengan jelas pada pembahasan berikut ini :

1. Kabel Charger Micro USB

Konektor charger micro USB merupakan salah satu jenis charger hp android yang masih tetap digunakan hingga saat ini. Micro USB ini merupakan pembaharuan dari jenis mini USB. Konektor charger jenis ini memiliki fungsi sebagai pengisi daya dan mentransfer data dari hp ke perangkat lain seperti laptop.

Adapun kelebihan konektor charger micro USB yakni dapat mudah ditemukan. Anda dapat menemukan jenis kabel charger ini di offline maupun online store. Selain itu, micro USB ini juga sangat fleksibel. Pasalnya, hampir semua merk hp menggunakan jenis kabel ini. Sehingga Anda dapat dengan mudahnya meminjam kabel charger milik orang lain untuk mengisi daya apabila dalam kondisi darurat.

2. Kabel Charger Type C

Jenis charger type c merupakan terobosan terbaru dari produsen hp android. Jenis kabel ini menawarkan berbagai keunggulan bagi para pengguna android. Beberapa flagship pun sudah menerapkan konektor jenis ini. Sayangnya kabel type C ini hanya support beberapa hp android dan dari segi harga cenderung mahal.

Akan tetapi hak itu sangat sesuai dengan kelebihan dan fungsi yang ditawarkan. Jenis kabel type C memiliki fitur fast charging sehingga membuat pengisian daya lebih cepat.

Selain itu, dalam proses transfer data antar perangkat juga berjalan lebih cepat jika menggunakan jenis kabel ini. Bentuknya yang kecil dan dapat digunakan bolak-balik juga menjadi salah satu alasan kenapa harus menggunakan jenis kabel type C.

3. Lightning

Lightning merupakan kabel charger yang diproduksi khusus untuk para pengguna Apple. Kabel charger jenis ini dapat digunakan untuk produk iPhone 5c ke atas.  Jika dilihat sepintas bentuknya memang mirip dengan kabel charger type C.

Selain digunakan untuk melakukan pengisian daya, lightning juga berfungsi untuk mentransfer data antar perangkat. Adapun kelebihan yang ditawarkan di mana lightning dapat meminimalisir penularan virus dari perangkat lain saat transfer data. Selain itu, jenis kabel ini juga sangat eksklusif karena hanya dapat digunakan untuk produk Apple saja.

4. Mini USB

Mini USB merupakan salah satu tipe kabel hp android yang beberapa periode terakhir terus mengalami penurunan dari segi pemakaian. Namun, meskipun begitu sebelum keluar macam-macam jenis charger hp seperti saat ini, mini USB banyak digunakan untuk berbagai perangkat. Mulai dari perangkat ponsel, MP3 player, hard disk eksternal, hingga gamepad menggunakan jenis mini USB.

Sekarang ini hanya ponsel-ponsel lawas saja yang menggunakan jenis kabel mini USB. Jika dibandingkan dengan kabel charger type lain, mini USB memiliki bentuk yang lebih kecil akan tetapi cenderung lebih tebal. Meski sudah jarang digunakan untuk ponsel, Anda dapat menemui mini USB ini pada perangkat kamera, MP3 player hingga gamepad.

Dari sekian banyaknya jenis charger manakah yang sesuai dengan ponselmu? Type C atau justru lightning? Apapun jenis charger hp Anda pastikan telah menggunakan kualitas terbaik dan original. Pasalnya, banyak beredar produk charger hp duplikasi sehingga berpengaruh pada performa ponsel saat digunakan.

Namun tidak perlu khawatir, sebab sekarang Anda dapat menemukan berbagai produk charger hp dengan kualitas terbaik di Blibli. Blibli menyediakan berbagai jenis charger hp yang sesuai dengan ponsel Anda. Tentunya dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Blibli merupakan salah satu marketplace di Indonesia yang menawarkan berbagai kebutuhan sehari-hari. Mulai dari perabotan, barang elektronik, kelengkapan fashion pria dan wanita, makanan dan minuman, serta masih banyak lagi.

Belanja mudah cukup dari rumah saja dan dapatkan berbagai diskon menarik untuk pilihan macam-macam jenis charger hp  hanya di Blibli.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *