Scroll untuk baca artikel
Ruang Cinta Pusaka

Dari Bus Tan Lux, Robur dan Bemo, Secercah Kisah Angkot di Bogor

966
×

Dari Bus Tan Lux, Robur dan Bemo, Secercah Kisah Angkot di Bogor

Sebarkan artikel ini
Secercah Kisah Angkutan Kota di Bogor, Dari Bus Tan Lux, Robur dan Bemo
Bus Tempo dulu di Terminal Kapten Muslihat Kota Bogor (sekarang Alun Alun).

Kobra Post Online – Kehadiran Bus Tan Lux, berlanjut dengan beroperasinya bus kota Robur yang juga melayani penumpang ke berbagai jurusan. Penumpang sangat dimanjakan, turun dari kereta, bus sudah menunggu di halaman stasiun. Saat itu di Kota Bogor bus kota Robur hanya tiga unit yang melayani penumpang jurusan Sukasari dan Semplak.

Saat masih sekolah di SMAN 2, saya masih sempat menikmati angkot bus Robur. Ada cerita unik dan lucu tentang bus Robur, saat itu masyarakat menyebutnya angkot jibeuh. Julukan dari sejenis makanan terbuat dari terigu mirip kue balok, tidak digarang dengan api dari kayu atau ranting-ranting kayu yang kering, namun digoreng.

Makanan camilan ini berbentuk kotak relatif besar dan harganya murah meriah. Bentuk kotak besar dan dengan tarif yang murah itu, mirip tampilan bus Robur.

Di dalam sejarah angkutan kota di Kota Bogor, tidak ditemukan tanda-tanda atau ciri-ciri bahwa trem pernah digunakan sebagai angkutan umum. Dari masa kolonial, masa pendudukan Jepang, apalagi di masa Republik Indonesia.

Bemo
Bemo angkutan kota di Kota Bogor.

Baca juga: Sejarah Bogor dan Amanat Saleh Danasasmita

Lima tahun setelah kemerdekaan, tepatnya tahun 1950, saat Rd. Odang menjabat Kepala Kota Bogor pernah ada bus kota. Hal ini diperkuat dari keterangan salah seorang warga pituin Bogor H. Herman Suriawijaya, bahwa bus kota di Kota Bogor berlanjut beroperasi pada  tahun 1959 sampai 1970-an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *