Mengenal Struktur Pondasi

oleh -1.670 views
Mengenal Struktur Pondasi

Kobrapostonline.com – Mengenal Struktur Pondasi, Pondasi adalah bagian paling dasar suatu konstruksi yang merupakan titik tumpu kekuatan struktur bangunan. Pondasi berfungsi sebagai penahan seluruh beban (beban mati dan hidup) konstruksi bangunan dan meneruskan beban dari struktur bagian atas banguan (upper-structure) ke lapisan tanah dasar.

Untuk menghasilkan bangunan yang kokoh, pondasi juga harus direncanakan dan dikerjakan dengan sangat hati-hati. Pondasi harus diperhitungkan sedemikian rupa baik dari segi dimensi maupun secara analitis mekanis.

Setiap pondasi bangunan perlu direncanakan berdasarkan jenis, kekuatan dan daya dukung tanah. Bagi tanah yang stabil dan memiliki daya dukung baik, maka pondasinya membutuhkan konstruksi yang sederhana. Jika tanahnya labil dan memiliki daya dukung buruk, maka pondasinya harus lebih kompleks.

Mendesain pondasi harus mempertimbangkan penurunan dan daya dukung tanah. Dalam beberapa kasus semisal turap, defleksi /lendutan pondasi juga diikutkan dalam pertimbangan. Ketika berbicara penurunan, yang diperhitungkan biasanya penurunan total (keseluruhan bagian pondasi turun bersama-sama) dan penurunan diferensial (sebagian pondasi saja yang turun/miring). Ini dapat menimbulkan masalah bagi struktur yang didukungnya.

Daya dukung pondasi merupakan kombinasi dari kekuatan gesekan tanah terhadap pondasi (tergantung pada jenis tanah, massa jenis, nilai kohesi adhesi, kedalaman, dsb), kekuatan tanah dimana ujung pondasi itu berdiri dan juga pada bahan pondasi itu sendiri.

Kedalaman tanah serta perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya amatlah sulit dipastikan. Oleh karena itu para ahli geoteknik membatasi beban yang bekerja hanya sepertiga dari kekuatan desainnya.

Selain itu juga podasi harus mampu menahan beban :

  • Beban horizontal/beban geser, seperti beban akibat gaya tekan tanah, perpindahan beban akibat gaya angin pada dinding
  • Beban hidup, seperti berat sendiri bangunan
  • Beban hidup, beban orang, air hujan dan salju
  • Gaya gempa
  • Gaya angkat air
  • Momen dan Torsi

Secara garis besar pondasi dapat dibagi menjadi dua jenis :

1. Pondasi Dangkal

2. Pondasi Dalam

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *