Melihat Kiprah KWT Kenanga Babakan Bogor Tengah

oleh -1.377 views
Kenanga
Abu Bakar Ketua KWT Kenanga Kelurahan Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

BOGOR, Kobrapostonline.com – Kebun Kelompok Wanita Tani (KWT) Kenanga Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor dibangun  tahun 2015 berbarengan dibentuknya Bank Sampah di RW 01 Kelurahan Babakan. Kebun KWT yang lahannya milik warga itu dikelola oleh Ibu-ibu Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kelurahan Babakan.

Ketua KWT Kenanga Kelurahan Babakan Abu Bakar menjelaskan, berdirinya kebun KWT ini ketika CSR (Corporate Social Responsibility) dari Asuransi Astra/Garda Otto. Saat itu mengadakan lomba lingkungan se Astra  di seluruh Indonesia, dimana yang ditonjolkan Bank Sampah dan tanaman obat-obatan.

“Meskipun tidak berhasil meraih juara dalam Event Astra. Namun KWT Kenanga tetap eksis dan terus dikembangkan oleh Ibu-Ibu PKK Babakan,” kata Abu Bakar kepada Kobrapostonline. Selasa (23/06/2020).

KWT Kenanga
Gerakan bersih-bersih Ibu-ibu PKK Babakan di Kebun KWT Kenanga

Menurut Abu, di atas lahan seluas 50 meter persegi itu, Ibu-ibu PKK Kelurahan Babakan yang tergabung dalam KWT menanam jenis tanaman obat-obatan. Antara lain, lidah buaya, jahe, kunyit, lempuyang mangle atau panglay, kisaat, samiloto, baluntas karuk, dan salam. Selain itu ada juga jeruk nipis, jeruk purut, sirih merah, Katuk serta jenis tanaman lainnya.

Baca juga : Kaya Akan Inovasi, KWT Kentagor Makin Dilirik

Kini, sambung Abu, KWT Kenanga Kelurahan Babakan fokus dalam membudayakan Jahe Merah (Jamer). Seiring kerjasama Tim Penggerak PKK Kota Bogor dengan salah satu  perusahaan jamu Bejo yang sudah dua tahun ini mengembangkan penanaman jahe merah di seluruh Kelurahan di Kota Bogor.

Reporter          : Didon

Editor              : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *