Kaya Akan Inovasi, KWT Kentagor Makin Dilirik

oleh -2.035 views
Kentagor
KWT Kentagor

BOGOR, Kobrapostonline.com – Pertanian perkotaan atau Urban Farming kini menjadi tren di tengah masyarakat, terlebih lagi ditengah pandemi COVID-19.

Berbagai inovasi di gagas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan bertani atau berkebun yang memanfaatkan lahan terbatas di sekitar perumahan penduduk.

Salah satu komunitas Ibu-ibu yang hingga kini masih konsisten mengalakkan pertanian perkotaan adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Kentagor (Kelurahan Kencana, Tanah Sareal, Kota Bogor). Tepatnya berlokasi di RW 13 Perum Dharmais Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.

KWT ini disebut-sebut telah mendunia, karena seringnya menerima kunjungan tamu mancanegara dan berbagai daerah di tanah air. Mereka tertarik datang ke Kentagor untuk menimba ilmu mengelolaan lahan terbatas.

KWT Kentagor tak hanya kaya dengan inovasi, namun juga semakin dilirik oleh dinas atau instansi terkait. Semisal Dinas Pertanian dan Kementerian Pertanian, bahkan perguruan tinggi yang kerap kali mengirimkan mahasiswanya untuk melakukan penelitian.

Sebagai penyandang juara KWT terbaik se Kota Bogor, Kentagor kiprahnya semakin eksis di tengah masyarakat.

Ketua KWT Kentagor
Ketua KWT Kentagor Eka Darwati.

Selama pademi COVID-19 masyarakat sekitar telah merasakan manfaatnya. Untuk memenuhi kebutuhan pangan, warga tinggal datang ke Kebun KWT dan memetik sayur mayur sendiri yang ditanam di area kebun.

“Komoditas yang ditanam cukup beragam mulai dari sayuran, buah-buahan, dan taman obat keluarga (Toga). Tanaman yang ada di Kebun KWT ada 50 varietas,” kata Ketua KWT Kentagor Eka Darwati yang dihubungi Kobrapostonline. Selasa (23/06/2020).

Baca juga : Kreatif, Warga Sulap Rumsong Jadi Kebun Pertanian

Selain itu, lanjut Eka, ada  jahe merah (jamer)  yang kini dibudidayakan di seluruh Kelurahan di Kota Bogor, seiring kerjasama Tim Penggerak PKK Kota Bogor dengan salah satu perusahaan jamu “Bejo”. Tak hanya tanaman, di area lahan seluas 500 meter persegi itu juga ada pembudidayaan ikan lele.

“Alhamdulillah keberadaan Kebun KWT Kentagor telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Juara bukan tujuan akhir, tapi yang terpenting adalah bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Eka.

Reporter          : Iful Saepulloh

Editor              : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *