Kreatif, Warga Sulap Rumsong Jadi Kebun Pertanian

oleh -792 views
Rumsong
Ibu-ibu KWT Amanah.

BOGOR, Kobrapostonline.com – Ditengah semakin menyempitnya lahan di Kota Bogor, terobosan dan inovasi dilakukan masyarakat untuk memanfaatkan lahan terbatas. Salah satunya yang dilakukan adalah Urban Farming / pertanian perkotaan di lahan terbatas.

Seperti inovasi di RW 08 Perumahan Taman Griya Kencana Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Warga  menyulap rumah kosong (rumsong) menjadi kebun pertanian.

Rumah kosong yang sebelumnya terkesan seram itu, kini menjadi asri dan nyaman. Selain difungsikan menjadi rumah taman bermain anak juga ditanami tanaman produktif seperti sayuran dan toga (tanaman obat keluarga). Juga membudidayakan tanaman jahe merah (jamer)  yang kini sedang digalakan di Kota Bogor seiring dengan kerjasama Tim Penggerak PKK Kota Bogor dengan salah satu perusahaan jamu ‘Bejo’. Tak hanya itu di area tersebut juga ada pembudidayaan ikan lele.

Pertanian
Ketua RW 08 Taman Griya Kencana Kelurahan Kencana, Hery Kiswanto.

Pengelolaan kebun ini dilakukan oleh ibu-ibu di wilayah setempat dengan membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT)  yang di komandoi oleh Istri Ketua RW 08 Devi Azriani.

Baca juga : Dalang Cilik Andika Sampaikan Pencegahan Covid-19 Melalui Wayang Golek

Menurut Ketua RW 08 Taman Griya Kencana Kelurahan Kencana, Hery Kiswanto, KWT yang diketuai oleh istrinya ini diberinama KWT Griya Amanah. Adapun pengurus dan anggotanya ada 30 orang, sesuai SK Lurah KWT Griya Amanah RW 08 berdiri 20 April 2020.

“Sebetulnya untuk rumah taman bermain anak sendiri sudah berdiri sejak tahun 2019 lalu. tapi KWTnya baru 3 bulan lalu,” jelas Hery.

Reporter          : Iful Saepulloh

Editor              : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *