Dalang Cilik Andika Sampaikan Pencegahan Covid-19 Melalui Wayang Golek

oleh -1.109 views
Dalang Cilik Andika
Dalang Cilik Andika Ar Raafi Maulidan saat memainkan tokoh wayang golek si Cepot. (Foto : Dok. Kobra Post)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Dalang Cilik Andika Ar Raafi Maulidan tampil memukau dihadapan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor dan tamu undangan di Posko GTPP, jalan Pajajaran, Kamis (18/06/2020).

Dalang cilik binaan Sanggar Andika yang telah mengukir prestasi tingkat nasional ini tampil bersama dalang cilik Exsel dan Juara 1 Pupuh Sunda Alvin Adnan Fattah.

Pada kesempatan itu, Andika menyampaikan pesan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan mengangkat tema Stay At Home, dalang cilik tersebut dengan piawai memainkan tokoh wayang golek Cepot dan Dawala.

Dalam ceritanya, Cepot mengajak semua untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti rajin cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Atep Budiman mengatakan, penampilan dalang cilik dan pupuh sunda ini untuk menghibur tim Gugus Tugas Covid-19 sekaligus sebagai upaya pelestarian budaya warisan nenek moyang.

“Alhamdulillah temanya tidak jauh dari Corona, mudah-mudahan model seperti ini bisa menghibur dan menjadi sarana untuk mengedukasi warga,” katanya.

Dia berharap di masa pandemi Covid-19 ini seniman dan budayawan bisa terus berinovasi menyuguhkan karya terbaiknya.

Dalang Cilik
Dalang Cilik Andika Ar Raafi Maulidan memberikan kenang-kenangan berupa Wayang Golek Gatotkaca kepada Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim.

Sementara, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menuturkan bahwa, yang tampil hari ini merupakan orang-orang terpilih dengan memiliki bakat dan kemauan untuk melestarikan seni dan budaya sunda.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada orang tuanya yang telah membimbing anaknya melestarikan budaya sunda di tengah gencarnya teknologi dan budaya korea yang masuk,” tuturnya.

Baca juga : Tiga Karyawannya Positif Corona, Mitra 10 Ditutup

Dedie berharap seni dan budaya sunda bisa terus dilestarikan dan terus didukung Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Melalui wayang golek, kita juga bisa menyampaikan sosialisasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat. Ini sangat bagus,” pungkasnya.

Di akhir acara, Dalang Cilik Andika Ar Raafi Maulidan memberikan kenang-kenangan berupa Wayang Golek Gatotkaca kepada Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diinisiasi oleh Koordinator wilayah (Korwil) TREN’S Kota Bogor, Dede Nuriman. Serta Dewan Pembina Sanggar Andika, Dra. Ir. Hj. Eni Sumarni M.Kes. yang juga sebagai anggota DPD-RI Wakil Jawa Barat.

Reporter          : Iful Saepulloh / Didon

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *