Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Koramil 0621-21/Kemang Gelar Latihan Terintegrasi, Intel, Binter dan Tempur

1301
×

Koramil 0621-21/Kemang Gelar Latihan Terintegrasi, Intel, Binter dan Tempur

Sebarkan artikel ini
Koramil 0621-21/Kemang Gelar Latihan Terintegrasi, Intel, Binter dan Tempur
Danramil 0621-21/Kemang, Kapten Inf Koswara.

BOGOR, Kobra Post Online – Komando Rayon Militer (Koramil) 0621-21/Kemang menggelar latihan terintegrasi Intel, Binter dan tempur (Lat Integrasi Intel Ter Pur) selama 7 hari di Perum Parung Hijau, Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor.

Danramil 0621-21/Kemang, Kapten Inf Koswara mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan oleh Komando Daerah Militer (Kodam) III/ Siliwangi untuk meningkatkan kemampuan satuan dibawah jajaran Kodam.

“Lat Integrasi Intel Ter Pur merupakan sebagai TNI di kewilayahan harus memiliki 3 kemampuan, diantaranya pertama memiliki naluri intel, kedua seorang Babinsa bisa meningkat dibidang teritorial dan ketiga naluri tempur,” kata Kapten Inf Koswara kepada Kobra Post Online di ruang kerjanya seusai latihan, Jumat (17/3).

“Aplikasi di lapangan, mungkin selama ini kita sudah lupa dengan megang senjata, sudah lupa dengan menembak dan mengorganisasi sebuah patroli karena kita sudah di wilayah. Dengan digelar Lat Integrasi Intel Ter Pur ini, kita mengingat-mengingat kembali materi yang telah didapat, sehingga terpelihara kemampuan sebagai prajurit,” sambungnya.

Danramil menjelaskan, untuk keseriusan dalam latihan, dibuat skenario sebuah study kasus yang berkaiatan dengan gelaran Pilkades. Dengan memunculkan materi Penindakan Huru-Hara (PHH) kelompok-kelompok yang tidak puas, mengadakan aksi perampasan barang atau logistik dalam suasana kontentasi politik.

“Tapi itu hanya alur cerita yang kita buat, namun kondisi sebenarnya pelaksanaan Pilkades kemarin cukup kondusif. Dan untuk melatih insting tempur, maka dalam Lat Integrasi Intel Ter Pur tadi dibuatlah suatu bentuk operasi penyergapan. Dalam simulasi penyergapan, Alhamdulillah didukung oleh semua komponen masyarakat, komponen cadangan ikut dilibatkan dan pendukung di wilayah seperti ormas, Linmas dan Satpol PP,” jelasnya.

Kegiatan ini, sambung Kapten Inf Koswara, akan terus dilaksanakan disetiap tahunnya mengikuti petunjuk pimpinan dalam hal ini Kodim 0621/Kabupaten Bogor membentuk latihan dalam satuan mengangkat yang tidak terwadahi dalam latprogram.

“Maka dimasukkan di latihan LDS (latihan dalam satuan). Kami sebagai pelaksana di lapangan, Lat Integrasi Intel Ter Pur ini sangat efektif untuk tugas Danramil. Jadi Danramil bisa mengaplikasikan secara baik apa tugas-tugas hari ini,” tuturnya.

Baca juga: Komisi IV DPRD Kota Bogor Usulkan Pelatihan Kerja Penyandang Disabilitas
latihan terintegrasi

Kapten Inf Koswara berharap, setelah selesai Lat Integrasi Intel Ter Pur, para Babinsa agar dapat mengaplikasikan di tugas sehari-hari.

“Apa yang diajarkan oleh pelatih tadi, diaplikasikan di tugas sehari-hari. Menghadapi kejadian sesuatu, Babinsa mempunyai insting intelejen, Binter dan pertempuran,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Komandan Latihan (Danlat), Kapten Kav la Ahmadin Rocky menambahkan, ia melihat adanya perkembangan dalam latihan, dengan antusiasnya masyarakat.

“Masyarakat sangat antusias, saya lihat di sini, orang-orang yang selama ini bersinergi dengan kita, contohnya Satpol PP, Linmas dan Ormas Pemuda Pancasila. Latihan ini ke depannya akan berdampak, ketika terjadi sesuatu misalkan kebakaran, itu cepat kita membuat laporan, cepat atasi masalah yang terjadi saat itu,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *